Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Autograph Tower Catat Rekor Baru Muri, Gedung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 09/09/2023, 18:19 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Autograph Tower yang berada di dalam area Kompleks Thamrin Nine, Jakarta Pusat, resmi ditahbiskan sebagai pencakar langit tertinggi di Indonesia oleh Musium Rekor Indonesia (Muri).

Penganugerahan ini diberikan kepada Autograph Tower untuk kategori pencapaian gedung tertinggi di Indonesia berdasarkan kriteria superlatif terukur.

Dengan demikian, supertall yang dibangun oleh PT Putragaya Wahana ini menumbangkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Gama Tower milik duo konglomerat bersaudara Ganda-Martua Sitorus.

Untuk diketahui, Autograph Tower mengangkasa 385 meter (angka yang diakui Council on Tall Buildings and Urban Habitat 382,9 meter), sementara Gama Tower 288 meter.

Ketinggian Autograph Tower mencapai tiga kali lipat dari Monumen Nasional (Monas), sebagai ikon Ibu kota Jakarta. Bahkan, gedung berlapis kaca ini diklaim sebagai yang tertinggi di seluruh belahan bumi bagian Selatan.

Sebelumnya, dalam kawasan yang sama PT Putragaya Wahana sebagai bagian dari Galeon Group juga berhasil membangun Luminary Tower setinggi 305 meter.

Baca juga: Resmi! Autograph Tower Jadi Supertall Pertama di Indonesia

Dengan begitu, Luminary Tower menjadi pencakar langit tertinggi kedua di Indonesia, setelah Autograph Tower.

Inilah dasar Muri menganugerahi penghargaan kepada Autograph Tower, sebagai gedung tertinggi di Indonesia.

Autograph TowerJoshua Gilbert Autograph Tower
President Director PT Putragaya Wahana Alvin Gozali mengungkapkan, baik Autograph maupun Luminary Tower merupakan supertall pertama di Indonesia, yang diklasifikasikan sebagai gedung dengan tinggi lebih dari 300 meter.

"Terbaru, Autograph Tower akan menyambut dek observasi modern dan sky garden milik swasta pertama di Indonesia," ungkapnya di Jakarta, Sabtu (9/9/2023).

Alvin berharap, Thamrin Nine menjadi landmark baru di Indonesia dan menjadi tujuan wisata lokal dan internasional di Jakarta.

Baca juga: Bukan Oasis Central Sudirman, Autograph Tower Gedung Tertinggi di Indonesia

Penghargaan Muri ini akan mengukuhkan Autograph Tower di mata masyarakat dan meningkatkan status Indonesia di tingkat dunia.

"Rekor Muri ini merupakan simbol pencapaian kami. Semoga ini dapat menandakan pertumbuhan dan kemajuan Indonesia di mata dunia, dan membantu menarik lebih banyak investasi asing ke Indonesia,” jelas Alvin.

Hal senada dikatakan Ketua IAI DKI Jakarta Doti Windajani. Kehadiran Autograph Tower merupakan simbol keseimbangan sosial, ekonomi, dan budaya serta menjadi bagian dari pertumbuhan Kota Jakarta yang terintegrasi.

"Jakarta siap menjadi global city. Masing-masing zaman ada simbol sosial, ekonomi, dan budayanya. Karena ada perubahan cara berpikir untuk mewarnai transformasi demi memperkaya landscape kota Jakarta," ujar Doti.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com