Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukan Oasis Central Sudirman, Autograph Tower Gedung Tertinggi di Indonesia

Kompas.com - 06/02/2023, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Persero) atau Taspen resmi memulai proyek pembangunan Green Energy Superblock Oasis Central Sudirman.

Pembangunan gedung yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman Kavling 2, Jakarta Pusat, tersebut merupakan proyek kerjasama dengan salah satu pengembang properti terbesar dunia asal Jepang, Mitsubishi Estate.

Dimulainya proyek pembangunan ini ditandai dengan peletakan batu pertama atau groundbreaking oleh Direktur Utama Taspen ANS Kosasih, Managing Director Mitsubishi Estate Group Masato Aikawa, dan Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia (RI) Kanasugi Kenji pada Selasa (31/1/2023).

Baca juga: Apa Itu Pencakar Langit, dan Perbedaan Antara Supertall dengan Megatall?

Dalam sambutannya saat acara groundbreaking, Kosasih mengatakan, Oasis Central Sudirman merupakan proyek yang sudah lama dinantikan.

“Ini akan menjadi landmark terbesar di Jakarta yang tidak ada tandingannya lagi. Bukan hanya kawasannya besar seluas 3,3 hektar namun akan ada dua bangunan tertinggi di Indonesia yakni yang memiliki 65 lantai dan 75 lantai dengan tinggi ratusan meter,” jelas Kosasih.

Ia juga mengeklaim Oasis Central Sudirman akan dibangun dengan teknologi anti-gempa bumi dari Jepang dan sudah menerapkan konsep energi hijau.

Namun benarkah bila rampung, Oasis Central Sudirman akan menjadi gedung pencakar langit tertinggi di Indonesia? Jawabannya tidak.

Autograph dan Luminary Tower menawarkan den observasi dengan panorama Kota Jakarta.Putragaya Wahana Autograph dan Luminary Tower menawarkan den observasi dengan panorama Kota Jakarta.
Adalah Autograph Tower di area Thamrin Nine, Jakarta Pusat, yang merupakan gedung tertinggi di Indonesia.

Gedung milik PT Putragaya Wahana (PGW) yang bergerak di sektor properti ini memiliki ketinggian 382,9 meter.

Sementara itu, dikutip dari laman YouTube Taspen, Oasis Central Sudirman disebutkan akan memiliki dua menara utama.

Menara pertama, dirancang setinggi 65 lantai yang akan difungsikan sebagai apartemen strata. Tingginya mencapai 276 meter.

Sedangkan menara kedua, setinggi 75 lantai yang akan diperuntukan sebagai area perkantoran, apartemen servis, serta ritel komersial dengan rencana ketinggian mencapai 331 meter.

Itu artinya ketinggian Oasis Central Sudirman masih kalah jauh dibandingkan dengan Autograph Tower.

Konstruksi Oasis Central Sudirman sendiri direncakan berlangsung dalam 10 tahun atau baru akan rampung pada 2033 mendatang. 

Gedung Tertinggi di Indonesia

Autograph Tower yang merupakan bagian dari kompleks pengembangan mixed use Thamrin Nine sudah   beroperasi melalui seremoni soft launching sejak bulan Desember 2022. 

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com