Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakal Jadi Ruang Terbuka Hijau, Kawasan Tepi Sungai Krueng Aceh Ditata

Kompas.com - 05/09/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang melakukan penataan kawasan tepi Sungai Krueng, di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

Kegiatan ini merupakan bentuk pemanfaatan bantaran sungai sebagai ruang publik bagi masyarakat dengan tidak mengurangi fungsi dari sungai itu sendiri.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, penataan kawasan tepi sungai merupakan bagian dari upaya untuk mengedukasi publik akan pentingnya air dan pengelolaan sumber-sumber air yang berkelanjutan.

Pengelolaan air adalah urusan kita bersama termasuk masyarakat sebagai pemakai air. Oleh karena itu kita wajib melestarikan keberadaan sumber air, seperti tidak membuang sampah ke sungai," ujarnya dikutip dari laman Kementerian PUPR, Selasa (05/09/2023).

Baca juga: Calon Spot Wisata Baru di Kalbar, Kawasan Waterfront Siluk Kapuas Hulu

Pekerjaan konstruksi dilaksanakan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Aceh, Ditjen Cipta Karya dengan kontraktor pelaksana CV HSB Group sejak tanggal kontrak 5 Juni 2023 dengan anggaran APBN senilai Rp 11,2 miliar.

Tercatat hingga 28 Agustus 2023, progres fisik ketiga zona tersebut mencapai 36,47% dan ditargetkan selesai Desember 2023.

Penataan bantaran Sungai Krueng terdiri dari 3 zona yang berada pada lahan milik Kodam Iskandar Muda, lahan Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I, dan lahan masyarakat dengan total kawasan seluas 13,173 m2.

Zona 1 berada di lahan Kodam Iskandar Muda dilakukan pembangunan dermaga prajurit dan lansekap, peningkatan signage Kodam Iskandar Muda dan lansekap serta pembangunan jalur pedestrian, lapangan olahraga, toilet publik, dan pembangunan dermaga untuk perwira tinggi.

Selanjutnya Zona 2 di atas lahan milik BWS Sumatera I dikerjakan pembangunan akses publik menuju rivewalk, tribun lansekap, dan lapangan rumput. Terakhir, Zona 3 dibangun lahan parkir.

Baca juga: Tuntas Dipersolek, Wajah Baru Kawasan Agrowisata Tamansuruh Banyuwangi

Pekerjaan penataan kawasan tepi Sungai Krueng dilakukan dengan pendekatan kolaboratif untuk mengurangi aspek kumuh di lokasi bantaran sungai dalam rangka mengubah wajah kawasan serta membangkitkan peluang ekonomi di sektor pariwisata.

Konsepnya menjadikan ruang terbuka hijau sebagai wahana olahraga (jogging track) di pusat kota yang asri, sejuk, dan nyaman.

Untuk memberikan nuansa rindang di sepanjang bantaran Sungai Krueng telah dilengkapi dengan tanaman-tanaman dan perdu yang menjadi penghias kawasan ini.

Selain itu, juga street furniture seperti tempat sampah, bangku taman, dan lampu taman, untuk mempercantik dan menambah kenyamanan pengunjung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com