Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Revitalisasi 4 Halte TransJakarta Tuntas, Termasuk Cikoko

Kompas.com - 30/08/2023, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Waskita Karya (Persero) Tbk telah menyelesaikan proyek revitalisasi Halte TransJakarta di sejumlah titik.

Dari empat halte yang dikerjakan Waskita, salah satunya yaitu Halte Cikoko Stasiun Cawang yang terintegrasi dengan KRL Commuter Line dan Light Rail Transit atau Lintas Raya Terpadu (LRT) Jabodebek.

Senior Vice President (SVP) Corporate Secretary Waskita Karya Ermy Puspa Yunita mengatakan, selain peningkatan fasilitas, perseroan memperluas ruang tunggu di halte tersebut dikarenakan meningkatnya kapasitas penumpang TransJakarta. Hal ini ditambah dengan mulai dioperasikannya LRT Jabodebek.

Baca juga: Stasiun KRL Cawang dan Stasiun LRT Cikoko Tersambung JPO

Pekerjaan Proyek Revitalisasi Halte Cikoko Stasiun Cawang diselesaikan Waskita Karya selama 8 bulan.

"Sebelum peresmian LRT (Jabodebek), Halte Cikoko Stasiun Cawang sudah dibuka sejak 17 Februari 2023," terang Ermy dalam rilis, Rabu (30/8/2023).

Saat itu, juga Halte Cikoko Stasiun Cawang sudah terintegrasi dengan Stasiun KRL Jabodetabek.

Sebelumnya, Waskita Karya telah mendapatkan empat titik paket pekerjaan Revitalisasi Halte TransJakarta. Mulai dari Dukuh Atas 1, Tosari, Juanda, serta Cikoko Stasiun Cawang.

Menurut dia, perseroan pun memiliki pengalaman untuk mengerjakan proyek halte busway di koridor Kampung Rambutan-Kampung Melayu dan proyek jalan layang busway koridor Tendean-Blok M–Ciledug.

“Dengan konsep arsitektur modern, Waskita melakukan pekerjaan ini dengan melakukan beberapa inovasi seperti menggunakan precast slab dengan tujuan untuk mempercepat instalasi lain yang desainnya menyesuaikan kondisi lapangan pada saat itu," terangnya.

Selain itu, tentunya implementasi Building Information Modeling (BIM) dilaksanakan sampai dengan tahap 5D untuk Quantity Take-Off (QTO).

Harapannya, dengan banyaknya intregrasi moda transportasi umum, masyarakat semakin sadar untuk menggunakan transportasi umum.

Dengan begitu, masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi jadi berkurang dan secara otomatis mengurangi paparan polusi udara yang sedang terjadi di Jabodetabek sekarang ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com