Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Elon Musk Beli Rumah Prefabrikasi Mungil Rp 762 Juta buat Guest House

Kompas.com - 29/08/2023, 17:09 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

KOMPAS.com - CEO Tesla, Elon Musk, dikabarkan telah membeli rumah prefabrikasi berukuran mungil dan ditempatkan di Texas, Amerika Serikat (AS).

Dikutip dari laporan Insider, Elon Musk pernah mengonfirmasi bahwa dia memiliki unit prototipe besutan Boxabl, sebuah startup asal Las Vegas.

Produk Boxabl tersebut ialah Casita, rumah prefabrikasi seluas 375 kaki persegi atau sekitar 34,8 meter persegi seniali 50.000 Dollar AS atau setara Rp 762 juta (kurs Rp 15.259).

Awal mulanya, pada akhir tahun 2021, Boxabl mengatakan bahwa pihaknya memasang Casita di Boca Chica, Texas, tempat lokasi peluncuran SpaceX, untuk "pelanggan rahasia".

Sebuah foto yang dibagikan kepada Insider juga menunjukkan Boxabl sedang mengirimkan Casita ke SpaceX, sekitar 350 mil ke selatan gigafactory Tesla.

Baca juga: Jadi Orang Terkaya di Dunia, Elon Musk Malah Tinggal di Kontrakan

Kendati demikian, Boxabl tidak mengonfirmasi bahwa Elon Musk membeli atau tinggal di Casita dalam sebuah wawancara dengan Insider tahun 2021 lalu.

Elon Musk juga membantah tinggal di rumah prefabrikasi mungil itu, dan justru mengatakan bahwa dia tinggal di rumah kecil lain di Texas Selatan.

Namun pada Juli 2022, dia mengaku memiliki produk Boxabl dan menggunakannya sebagai guest house. Dia bilang mengadakan pesta ulang tahun di sana tahun 2021 lalu.

Perihal kebenaran informasinya, Boxabl di dalam laman resminya, menyebutkan bahwa Elon Musk memang membeli Casita.

Namun, rumah prefabrikasi itu sebenarnya tidak digunakan sebagai tempat tinggal utama CEO Tesla itu, melainkan sebagai guest house.

Sebagai informasi, Casita merupakan produk rumah prefabrikasi besutan Boxabl yang dapat dipasang dalam waktu sekitar satu jam.

Baca juga: Plus Minus Rumah Prefabrikasi, Lebih Murah tetapi Sulit Dijual Kembali

Hampir semua penyelesaian Casita, seperti dapur, kamar mandi, kelistrikan, pipa ledeng, dan HVAC, diselesaikan di pabrik sebelum dikirim. Modul-modul tersebut pun dilipat saat dikirim.

Jadi ketika Casita tiba di lokasi pekerjaan, rumah hanya perlu dibuka dan kemudian ditempelkan pada pondasi dan utilitasnya sebelum siap untuk ditempati.

Alih-alih menggunakan metode konstruksi klasik "kayu, palu, dan paku", Casita dibuat menggunakan baja, beton, insulasi busa, dan panel laminasi.

Artinya, rumah mungil tersebut cukup kuat menahan angin topan, tahan jamur, serta tahan terhadap banjir dan salju.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com