Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Prefabrikasi Ini Diklaim Hemat Energi, Tertarik Punya?

Kompas.com - 10/08/2022, 19:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Belakangan ini, semakin banyak orang beralih ke pilihan rumah dengan teknologi hijau dan hemat energi.

Selain diterapkan di rumah konvensional, teknologi hijau juga sudah mulai diterapkan bagi rumah yang dibangun dengan sistem prefabrikasi.

Bahkan karena bentuknya yang lebih ringkas, rumah prefabrikasi ini memiliki harga yang jauh lebih murah dibandingkan hunian konvensional.

Baca juga: Meski Lebih Cepat Dibangun dan Hemat Energi, Rumah Prefabrikasi Sulit Dijual Kembali

Salah satu perusahaan asal Kanada, CABN.CO baru saja meluncurkan produk rumah prefabrikasi dengan jaminan hemat energi.

Rumah dengan tipe kabin serbaguna ini bisa menjadi rumah bagi Anda hampir di mana saja baik di kota maupun di area pedesaan.

Seperti dikutip dari situs resmi CABN.CO, rumah modular yang diproduksi dari pondasi rangka baja serta sudah dilengkapi dengan jendela dan pintu berperforma tinggi.

Namun uniknya, rumah prefabrikasi ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pemodelan informasi energi (EIM) yang memungkinkan pemilik untuk memantau dan menjaga suhu di seluruh CABN.

Dengan teknologi ini, besar energi yang keluar bisa dipantau dengan lebih baik sehingga penggunaan energi dapat diatur dengan, 

Saat ini, CABN sudah meluncurkan dua model rumah yang tersedia untuk pra pesan yakni tipe Mor.ii dan Sonder.

Mor.ii merupakan kabin seluas 50 meter persegi dan memiliki satu unit kamar. Sementara Sonder memiliki luas 70 meter persegi dan berisi dua kamar tidur.

Baca juga: Ternyata, Menara Eiffel Dibangun dengan Sistem Prefabrikasi

Kedua model ini memiliki dua lantai dan telah dilengkapi dengan satu kamar mandi. Material utama yang digunakan adalah kayu mulai dari lantai, area dek hingga partisi di seluruh rumah.

Pada bagian atap rumah, sudah dilengkapi dengan panel bertenaga surya yang memungkinkan pemiliknya mendapatkan cadangan listrik di mana pun berada. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com