Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama Penjualan Properti, Asosiasi Broker Singapura Gandeng AREBI

Kompas.com - 27/08/2023, 18:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam rangka memasarkan produk propertinya di Indonesia, asosiasi broker properti Singapura, Institute of Estate Agents (IEA) Singapore melakukan pendatanganan kerja sama atau memorandum of understanding (MoU) dengan Asosiasi Real Estate Broker Indonesia (AREBI).

Pendatanganan MoU dilakukan di sela-sela kunjungan Study Trip 12 orang delegasi IEA Singapore di Indonesia, mulai dari Rabu (23/8/2023) hingga Jumat (25/8/2023).

MoU tersebut ditandatangani oleh Ketua Umum AREBI Lukas Bong dan Vice Chairman for International Affairs IEA, Justinn Lee.

Terdapat empat poin yang disepakati dalam MoU. Pertama, agen IEA hanya dapat berhubungan dengan agen AREBI untuk penjualan properti yang berlokasi di Indonesia.

Baca juga: Bantu Pemerintah Berangus Mafia Tanah, AREBI Gencarkan Sertifikasi Broker Properti

 

Kedua, agen AREBI dapat memfasilitasi agen IEA untuk mengajukan pertanyaan mengenai transaksi properti dan dapat memperkenalkan hukum yang memenuhi syarat professional.

Ketiga, setiap penjualan properti yang dilakukan oleh agen IEA melalui agen AREBl harus benar-benar mematuhi peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia dan otoritas terkait.

Keempat, kedua belah pihak harus berkolaborasi untuk memastikan bahwa semua transaksi dilakukan sepenuhnya sesuai dengan undang-undang dan peraturan setempat.

Ketua Umum AREBI, Lukas Bong mengatakan kesepakatan kerja sama ini diharapkan bisa semakin meningkatkan hubungan baik, sehingga memberikan manfaat yang lebih besar dan nantinya bisa meningkatkan transaksi properti.

Baca juga: Properti di Bali Paling Banyak Dicari, Ini Pemicunya

 

"AREBI juga akan terus berperan serta untuk turut serta mendorong dan memajukan industri broker properti di dalam negeri maupun di kancah internasional,” ujar Lukas dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (27/8/2023). 

Sementara itu, Vice Chairman for International Affairs IEA Justinn Lee mengatakan, potensi properti di Indonesia sangat besar dan diharapkan ketika menggandeng AREBI, transaksi properti menjadi aman dan nyaman. 

Head Of International Relations DPP AREBI Jessica Leonard mengatakan, kunjungan IEA diharapkan bisa memberikan informasi yang lengkap tentang potensi pada proyek properti yang bisa dibeli oleh Warga Negara Asing (WNA).

“Potensi bagi WNA untuk mendapatkan capital gain jika membeli properti di Indonesia sangat besar karena harga properti di Indonesia masih tergolong rendah,” papar Jessica Leonard.

Seperti diketahui, WNA kini semakin mudah untuk memiliki hunian di Indonesia hanya dengan menggunakan paspor dan visa.

Kebijakan itu sejalan dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 18 Tahun 2021 tentang Hak Pengelolaan, Hak Atas Tanah, Satuan Rumah Susun, dan Pendaftaran Tanah.

Selain itu, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga telah mengeluarkan Petunjuk Pelaksanaan Keputusan Menteri ATR/Kepala BPN Nomor 1241/SK-HK.02/IX/2022 tentang Perolehan dan Harga Rumah Tempat Tinggal/Hunian Untuk Orang Asing, pada 1 November 2022. 

Lebih lanjut Jessica mengatakan, kunjungan delegasi IEA Singapore ini juga merupakan bagian dari kesepakatan Aliansi Jaringan Real Estat Asean/Asean Real Estate Network Alliance (ARENA) yang pada 9 Maret 2023 lalu menggelar Council of President ARENA Meeting di Kuala Lumpur, Malaysia.

Selama di Indonesia, delegasi IEA juga mengunjungi proyek properti yang dikembangkan developer papan atas di Indonesia yakni Intiland Development, Jababeka, dan Sinar Mas Land. untuk menjajaki peluang kerja sama.

Pada Rabu (23/8/2023), mengunjungi proyek properti yang dikembangkan Intiland Development yakni Regatta, SQ Residences, dan Fifty Seven Promenade.

Pada Kamis (24/8/2023), mengunjungi proyek properti residensial dan industrial di Kota Jababeka. Lalu pada Jum’at (25/8/2023), mengunjungi proyek BSD City yang dikembangkan Sinar Mas Land.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com