Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dipastikan Rampung Tahun Ini, Simak Sederet Fasilitas Tol Indrapura-Kisaran

Kompas.com - 08/08/2023, 14:42 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pembangunan Jalan Tol Indrapura-Kisaran sepanjang 47,75 kilometer dipastikan beres tahun ini.

Jalan tol yang menghubungkan Medan dan Kisaran ini dilengkapi dengan sederet fasilitas untuk mendukung pengoperasiannya.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menjelaskan, agar pengendara aman dan nyaman maka dipasang CCTV VMS (Video Management System) dengan teknologi digital fiber optik.

Beragam fasilitas pendukung juga akan menunjang jalan tol ini seperti 1 Junction, 2 Simpang Susun (SS), 2 Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) wtau Rest Area, serta 2 Gerbang Tol (GT).

“Proyek yang dimulai sejak Februari 2020 lalu, dirancang dengan kecepatan 100 kilometer per jam akan mempercepat waktu tempuh dari Medan menuju Kisaran dari awalnya 4 jam bisa dipangkas separuhnya," terang Koentjoro dalam siaran pers, Senin (7/8/2023).

Baca juga: Beres Tahun Ini, Begini Kabar Terbaru Tol Indrapura-Kisaran

Saat ini, progres pengerjaan fisik jalan tol yang terdiri dari dua seksi tersebut telah tembus 87,49 persen, dan pengadaan lahannya mencapai 99,59 persen.

Untuk Seksi 1 Indrapura-Limapuluh sepanjang 15,6 kilometer mencapai 98 persen. Sehingga, sudah dilakukan provisional hand over (PHO) atau serah terima pekerjaan selama tiga hari yakni Senin (31/7/2023) hingga Rabu lalu.

Sementara untuk Seksi 2 Limapuluh-Kisaran sepanjang 32,15 kilometer, progresnya kini tembus 80 persen.

Tol Indrapura-Kisaran dirancang dengan menggunakan berbagai teknologi digital construction (konstruksi digital).

Ini di antaranya survei digital fotogrametri, load scanner atau sistem pemindaian dengan menggunakan sinar laser untuk mengukur muatan kendaraan secara akurat dan cepat.

Selain itu, Building Information Modelling (BIM), Common Data Environment (CDE) atau sistem pemindaian informasi data dari software BIM dengan menggunakan teknologi cloud.

“Penerapan sejumlah teknologi konstruksi digital ini tidak hanya dapat melakukan pekerjaan secara efisien dari segi biaya dan waktu, tapi output yang dihasilkan akurat dan tepat mutu," tandasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com