Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Usai Diresmikan Jokowi, Tol Cigombong-Cibadak Gratis hingga 20 Agustus

Kompas.com - 04/08/2023, 16:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Jalan Tol Ciawi-Sukabumi Seksi 2 Cigombong-Cibadak di Sukabumi, Jumat (4/8/2023).

Dalam meresmikan ruas tersebut, Jokowi didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, serta Bupati Sukabumi Marwan Hamami.

"Alhamdulillah, pada hari ini, Tol Ciawi-Sukabumi ruas Cigombong-Cibadak sepanjang 11,9 kilometer sudah selesai dan siap dioperasikan," jelas Jokowi.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Miftachul Munir, jalan tol ini akan dioperasikan tanpa tarif hingga 20 Agustus usai peresmian.

"Setelah diresmikan, ruas Cigombong-Cibadak akan dioperasikan tanpa tarif hingga 20 Agustus 2023," tutur Miftachul dalam siaran persnya, Jumat (4/8/2023).

Baca juga: Seksi 2 Diresmikan Jokowi, Tol Ciawi-Sukabumi Beroperasi Kian Panjang

Dia menambahkan, setelah Cigombong-Cibadak dioperasikan, maka pembangunan dilanjutkan ke Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat.

Hal ini dapat mejadi solusi kemacetan dari arah atau ke arah Sukabumi bahkan hingga Pelabuhan Ratu di Pantai Selatan Jawa (Pansela).

Dengan selesainya ruas jalan ini, waktu tempuh dari Jakarta ke Sukabumi yang sebelumnya memakan waktu 5 jam-6 jam, sekarang hanya sekitar 2,5 jam.

Jalan Tol Ciawi-Sukabumi terdiri dari empat seksi dengan total panjang keseluruhan 54 kilometer.

Hingga saat ini, Seksi 1 Ciawi-Cigombong sepanjang 15,35 kilometer sudah beroperasi sejak Desember 2018 lalu.

Lalu, Seksi 2 Cigombong-Cibadak yang diresmikan (4/8/2023) sebelumnya sudah pernah difungsikan untuk memperlancar arus mudik Lebaran 15 April 2023 sampai dengan 1 Mei 2023.

Kemudian dua seksi lainnya yakni Seksi 3 Cibadak-Sukabumi Barat sepanjang 13,70 kilometer dengan progres pembebasan lahan 86 persen, serta Seksi 4 ruas Sukabumi Barat-Sukabumi Timur sepanjang 13,05 kilometer dengan progres pembebasan lahan 9,9 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com