Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masyarakat Bisa Rekreasi dan Mancing di Situ Cihuni

Kompas.com - 15/07/2023, 14:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Setelah dikabulkannya permohonan gugatan Peninjauan Kembali (PK) dan dipulihkan, masyarakat umum nantinya dapat memanfaatkan Situ Cihuni sebagai tempat rekreasi maupun memancing.

Untuk diketahui, Situ Cihuni berlokasi di Desa Cihuni, Kecamatan Pagedangan Legok, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten.

Informasi tersebut disampaikan Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Ciliwung Cisadane Direktorat Jenderal (Ditjen) Sumber Daya Air (SDA) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Bambang Heri Mulyono dalam konferensi pers di Tangerang, Jumat (14/7/2023).

“Karena, ketika ini (Situ Cihuni) dikuasai negara, maka ini bisa diakses masyarakat umum untuk kegiatan yang sifatnya diusahakan untuk rekreasi, memancing, yang nantinya bisa dimanfaatkan masyarakat umum,” terang Bambang.

Bambang menambahkan, fungsi Situ Cihuni akan dikembalikan sebagaimana mestinya.

Baca juga: Sah Jadi Aset Negara, Situ Cihuni Harus Dijaga

Hal yang sama juga diutarakan Sekretaris Ditjen SDA Kementerian PUPR Airlangga Mardjono dalam kesempatan yang sama.

“Ditjen SDA telah merencanakan program pemulihan Situ Cihuni yang dimulai sejak tahun 2023 sampai dengan tahun 2026,” jelas Airlangga.

Airlangga membeberkan, untuk tahun 2023 akan dilakukan pemasangan papan pengumuman.

Kemudian, dilanjutkan dengan kegiatan pemeliharaan situ dalam bentuk kerja sama dengan Ditjen SDA Kementerian PUPR cq BBWS Ciliwung-Cisadane dengan Tentara Nasional Indonesia-Angkatan Darat (TNI-AD) cq Panglima Kodam Jaya/Jayakarta.

Lalu, melakukan pemetaan melalui drone serta berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang.

Tahun 2024 direncanakan akan dilanjutkan review (tinjauan) detail desain, revitalisasi dan penetapan sempadan Situ Cihuni, maupun kegiatan operasi pemeliharaan rutin.

Selanjutnya, tahun 2025 akan dilakukan penetapan sempadan Situ Cihuni dan kegiatan operasi pemeliharaan rutin.

Sementara tahun 2026, mulai dilakukan revitalisasi Situ Cihuni dan kegiatan operasi pemeliharaan rutin.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com