Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER PROPERTI] Klarifikasi Soal JIS, Buro Happold: Sejumlah Aspek Tak Sesuai Panduan

Kompas.com - 10/07/2023, 10:04 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Perusahaan jasa, desain, dan konsultan asal Inggris, Buro Happold memberikan klarifikasi tentang peran dan kontribusinya dalam proyek Jakarta International Stadium (JIS).

Dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Minggu (9/7/2023), Buro Happold mengaku tidak diminta untuk mendesain stadion JIS, sehingga tidak pernah pula merancangnya.

Selain itu, perusahaan juga tidak terlibat dalam pekerjaan konstruksi apapun yang dilakukan selanjutnya.

"Pihak PT Jakarta Konsultindo (Jakkon) meminta Buro Happold untuk membuat panduan desain (design guidelines) serta memberikan jasa konsultasi, mulai Desember 2018 hingga Maret 2019," tulisnya.

Artikel ini menjadi terpopuler dalam kanal Properti Kompas.com, Senin (10/7/2023).

Lantas, apa saja lingkup pekerjaan Buro Happold dalam proyek JIS? Informasinya ada di artikel ini Klarifikasi Buro Happold: Sejumlah Aspek Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan

Selama masa pembuatan panduan itu, perusahaan mengaku telah memastikan agar seluruh aspek desain yang berkaitan dengan standar FIFA terpenuhi.

Lalu, setelah rangkaian pekerjaan di atas selesai, Buro Happold diminta untuk meninjau konsep desain yang dipersiapkan oleh pihak lain, alias konsultan yang ditunjuk Jakkon.

Peran Buro Happold dalam proyek JIS bisa Anda akses di sini Klarifikasi Buro Happold: Sejumlah Aspek Pembangunan JIS Tak Sesuai Panduan

Kota Jababeka Cikarang kini telah memiliki kawasan industri film dan televisi Indonesia yang berjuluk Jababeka Movieland.

Kawasan yang berdiri di atas lahan sekitar 35 hektar tersebut telah diresmikan oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno pada Sabtu (8/7/2023).

Jababeka Movieland diharapkan bisa menjadi pusat industri film dan televisi terintegrasi yang menyediakan semua fasilitas program studi film, studio film, dan taman tema perfilman, seperti halnya di Universal Studios, Amerika Serikat.

Lantas, apa saja fasilitas yang tersedia di Jababeka Movieland?

Selengkapnya baca di sini Jababeka Movieland Diresmikan, Kawasan Industri Film dan Televisi Seluas 35 Hektar

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com