Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Akan Bangun Rusunami di Kota Bandung, Harga Mulai Rp 250 Jutaan

Kompas.com - 09/07/2023, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR sedang mempersiapkan pembangunan Rumah Susun Milik (Rusunami) di Kota Bandung yang diperuntukan bagi masyarakat.

Proyek Kerja Sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU) tersebut bernama Rusun Cisaranten Bina Harapan Kota Bandung. Ditargetkan selesai konstruksi pada tahun 2025 mendatang.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur Pekerjaan Umum dan Perumahan Herry Trisaputra Zuna dalam sambutannya yang disampaikan Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan Haryo Bekti Martoyoedo mengatakan, pembangunan rusun ini merupakan kolaborasi Kementerian PUPR dengan Pemerintah Kota Bandung dalam mengatasi backlog perumahan.

"Proyek KPBU Rusun Cisaranten akan menyediakan 1.879 unit. Rusun ini akan memiliki 10-11 lantai dengan kombinasi mulai dari studio, 1BR, 2 BR, 3 BR hingga unit khusus difabel," ujarnya dalam acara Expo Properti Kota Bandung, Sabtu (8/7/2023).

Baca juga: Rusun Sederhana Jakarta Nyaman, Penghuni Enggan Pindah

Menurut dia, rusun ini akan menerapkan skema Sertifikat Kepemilikan Bangunan Gedung (SKBG), yaitu kepemilikan rusun terbatas selama 60 tahun yang dapat diperpanjang selama 30 tahun, sebelum dikembalikan ke pemerintah pada akhir masa SKBG.

"Lokasi Proyek KPBU Rusun Cisaranten strategis dekat pusat Kota Bandung, sekitar Jl AH Nasution Kota Bandung. Rusun Cisaranten akan memiliki fasilitas yang lengkap mengusung tema bangunan gedung hijau dengan view riverside, yang ekonomis dan ramah lingkungan," terangnya.

Ditambahkan Herry, untuk harga rusun nantinya mulai dari Rp 250 juta. Masyarakat bisa mencicilnya dengan nominal terjangkau, dan akan mendapat subsidi pembiayaan dari Pemerintah bagi yang memenuhi syarat.

Bagi masyarakat yang tertarik untuk menjadi salah satu penghuni Rusun Cisaranten dapat mendaftarkan diri di acara Expo Properti Kota Bandung mulai 8-16 Juli 2023.

Caranya dengan mengunjungi booth Kementerian PUPR Nomor 31-32 untuk memastikan data-data yang diberikan saat mengisi tautan minat sudah benar, agar dapat dihubungi kembali.

"Selain itu juga dapat mengikuti beberapa rangkaian talkshow yang kami adakan hari ini (8 Juli) dan juga pada tanggal 14 Juli 2023," pungkas Herry.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com