Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jalan Daendels Pansela Diperbaiki Tahun Ini

Kompas.com - 07/07/2023, 19:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

MAGELANG, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan melaksanakan perbaikan Jalan Daendels Pantai Selatan (Pansela) pada tahun 2023. 

"Ada program perbaikan Jalan Daendels tahun ini, Insya Allah akan jalan," ucap Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 2.4 Jawa Tengah, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jutika Aditya Nugraha dalam Press Tour Infrastruktur DIY dan Jawa Tengah, pada Jumat (7/7/2023). 

Jelasnya, proyek perbaikan jalan ini sudah masuk tahap lelang agar segera bisa dilaksanakan perbaikannya. 

Jalan Daendels Pansela membentang dari Cilacap di Jawa Tengah hingga daerah perbatasan dengan DIY dengan panjang sekitar 130 kilometer. 

Kendati demikian, Jutika tidak menyebutkan panjang Jalan Daendels Pansela yang akan diperbaiki oleh BBPJN Jawa Tengah-DIY tersebut. 

Pada kesempatan yang sama, Jutika menjelaskan kondisi kemantapan jalan nasional di Jawa Tengah dan DIY pada tahun 2023 adalah sekitar 92 persen. 

Baca juga: Pansela DIY Makin Panjang, Bakal Punya Dua Jalan Baru

"Menurun dari tahun kemarin yang mencapai 95 persen," imbuh Jutika. 

Pasalnya, terdapat jalan provinsi yang ditingkatkan menjadi jalan nasional pada tahun 2023, yakni Jalan Tentara Pelajar di Muntilan. 

Pada kesempatan yang sama, Jutika menjelaskan sejumlah kegiatan BBPJN Jawa Tengah-DIY untuk mendukung Destinasi Wisata Super Prioritas (DPSP) Borobudur. 

Ada 5 kegiatan yang dilakukan terkait hal ini, antara lain Preservasi Jalan Pringsurat-Secang-Keprekan, Preservasi Jalan Keprekan-Muntilan-Salam. 

Kemudian ada Rehabilitasi Jalan KSPN Borobudur, Preservasi Jalan Keprekan-Borobudur, dan Pembangunan Jembatan Kali Progo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com