Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perluas Bisnis Ritel, SCG Right Issue Saham CSAP Senilai Rp 265 Miliar

Kompas.com - 03/07/2023, 14:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - SCG Retail Holding Company Limited (SCGRH), salah satu anak perusahaan dari perusahaan semen terkemuka di ASEAN, SCG, resmi mengumumkan investasi terbarunya sebesar Rp 265 miliar.

Investasi dilakukan dalam bentuk pembelian hak memesan efek terlebih dahulu (right issue) dari PT Catur Sentosa Adiprana Tbk. (CSAP) yang merupakan distributor independen dan ritel modern terbesar bahan bangunan di Indonesia.

Perusahaan menargetkan untuk memperluas toko retailnya, yakni Mitra10, untuk mencapai 100 lokasi pada tahun 2030.

Baca juga: Bisnis Makanan dan Minuman Dominasi Permintaan Ruang Ritel di Jakarta

Vice President Distribution and Retail Business, Cement and Building Material Business SCG, Paramate Nisagornsen mengatakan sektor perdagangan modern di Indonesia terus tumbuh secara substansial berkat pergeseran perilaku konsumen.

Kini, para konsumen lebih mengedepankan pengalaman berbelanja yang bersih, murah, nyaman, dan lengkap (one-stop shopping experience).

“Sayangnya, sektor ini hanya menyumbang sebagian kecil dari total pasar, yang artinya masih banyak peluang bagi sektor ini untuk tumbuh. Karena itu, kami sepenuhnya menggunakan hak right issue untuk membeli saham CSAP yang baru diterbitkan guna memperluas bisnis perdagangan dan ritel modern di Indonesia,”jelas Paramate.

Baca juga: Erick Thohir: Rakyat Nganggur, Industri Ritel Mustahil Tumbuh

Menurutnya, saham yang baru diterbitkan akan memungkinkan CSAP memperluas gerai Mitra10 dari 45 menjadi 100 lokasi di seluruh Indonesia pada tahun 2030, serta meningkatkan efisiensi rantai pasokan.

“Kami yakin ekspansi ini akan dapat memenuhi permintaan pelanggan yang terus meningkat dan mendorong Mitra10 menjadi Top of Mind Brand untuk renovasi rumah bagi masyarakat Indonesia,” tambah Paramete.

 

Total dana rights issue sebesar Rp 857 miliar untuk CSAP akan dialokasikan untuk percepatan pertumbuhan gerai Mitra10, ritel modern Bahan Bangunan & Perlengkapan Rumah terkemuka di Indonesia.

Saat ini, SCGRH memegang 30,89 persen saham CSAP. Total nilai pemesanan SCGRH adalah Rp 265 miliar untuk 378.405.192 saham dengan harga Rp700,00 per lembar saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com