Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pentingnya Meraih Loyalitas Pelanggan dalam Kesuksesan Ritel Mewah

Kompas.com - 26/04/2023, 19:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Performa departemen store mewah asal Amerika Serikat, Nordstrom secara mengejutkan terjun bebas di Wall Street.

Hal ini menyusul adanya penurunan penjualan sebesar 4,1 persen selama kuartal keempat, yakni mulai November 2022 hingga Januari 2023.

Nordstrom memulai tahun keuangan 2022 dengan kuat, dimana performa penjualannya naik 18,7 persen. Sayangnya, angka penjualan tersebut terus menurun di kuartal-kuartal berikutnya.

Apa yang dialami Nordstrom sepertinya mulai mengikuti tren yang terjadi di pasar barang mewah. Brand-brand mewah (luxury brand) telah mengalami penurunan penjualan di sepanjang tahun 2022.

Baca juga: Nilai Konstruksi Ritel Tahun 2023 Diprediksi Rp 17 Triliun, Didominasi Ruko

Meskipun demikian, ada kabar baik dari brand mewah Neiman Marcus Group (NMG). Brand ini memiliki 36 toko Neiman Marcus dan Departemen Store unggulan, Bergdorf Goodman di New York City.

Meskipun penjualannya juga melambat sepanjang tahun lalu, namun pada November hingga Januari, ada kabar positif yakni angka penjualan mereka naik 3 persen naik dari tahun lalu.

Menariknya, para pelanggan paling setia brand tersebut menghabiskan 8 persen lebih banyak dibandingkan periode sebelumnya.

CEO Neiman Marcus dan Departemen Store, Geoffroy van Raemdonck mengatakan masih banyak konsumen brand mewah yang terus membeli produk yang djual eksklusif di toko mereka. 

“Ada pelanggan di luar sana yang ingin membelanjakan lebih dari pada yang mereka habiskan tahun lalu (tahun 2022),” ujar Geoffroy.

 

Geoffroy mengaku kini timnya memfokuskan diri untuk memperdalam hubungan dengan pelanggan yang dinilai bisa mendorong pertumbuhan keuntungan jangka panjang bagi perusahaan.

Ia menegaskan timnya bekerja keras untuk memelihara hubungan yang langgeng dengan para pelanggan eksklusif ritel dan mencoba menyediakan brand mewah yang mereka inginkan.

Pelanggan loyal dari Neiman Marcus adalah segelintir orang kaya yang menyumbang sekitar 70 persen dari pendapatan ritel mewah ini.

Jejaring ritel ini memahami para kehadiran para pelanggan loyal nan kaya tersebut jauh lebih berarti daripada model bisnis yang masih tunduk dibawah hukum ekonomi penawaran dan penjualan.

Hal ini membuat manajemen memutuskan untuk menutup gerai toko mereka yang menjual produk dengan harga terjangkau, Last Call pada tahun 2020 lalu.

Neiman Marcus lebih memilih untuk fokus mengembangkan toko penjualan barang-barang mewah dan meraup keuntungan yang besar dari sana.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com