Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karpet Anda Ketumpahan Gulai dan Rendang? Bersihkan dengan Cara Ini

Kompas.com - 01/07/2023, 11:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

Sumber The Spruce

JAKARTA, KOMPAS.com - Hari Raya Idul Adha lekat dengan tradisi kurban dan segala makanan olahan daging kambing atau sapi.

Masyarakat Indonesia pada umumnya memasak daging tersebut dengan campuran rempah dan minyak khas Nusantara, menghasilkan rendang, gulai, opor, sate, kari dan lainnya.

Di balik semua keseruan saat berkumpul bersama keluarga pada hari raya, tumpahan makanan di karpet atau sofa menjadi pekerjaan rumah khusus.

Pasalnya, bila tidak segera ditangani, noda rendang atau kari akan mengeras dan semakin sulit dibersihkan, serta membuat perabotan rumah jadi lebih cepat rusak.

Dilansir dari The Spruce, Sabtu (1/7/2023), ketika mendapati noda makanan di karpet, Anda harus segera mengangkatnya menggunakan pisau atau sendok. Lakukan dengan hati-hati agar noda tersebut tidak menyebar ke sisi lain.

Selanjutnya, campurkan satu sendok makan larutan pencuci piring, dua cangkir air dingin, dan satu sendok makan cuka suling putih.

Baca juga: Cara Bersihkan Lantai Dapur Usai Masak Makanan Berminyak

Kemudian, gunakan kain putih atau handuk kertas untuk menyeka noda di karpet. Diamkan kain selama 5 menit dan ulangi sampai tidak ada lagi warna yang terserap ke kain putih.

Setelah itu, bilas noda menggunakan kain bersih lainnya yang sudah dibasahi dengan air bersih, dan keringkan.

Agar lebih efektif, campurkan larutan pemutih oksigen dengan air hangat dan ulangi pembersihan karpet. 

Setelah larutan pemutih oksigen didiamkan selama tiga puluh menit hingga satu jam, bersihkan dengan kain kering dan vakum karpet.

Kendati demikian, apabila Anda mendapati noda di karpet tidak kunjung hilang, panggil jasa pembersih karpet profesional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com