Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Krakatau Steel Group Jajaki Pengembangan Kawasan Industri Terintegrasi di Gresik

Kompas.com - 21/06/2023, 13:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Krakatau Steel Group (KS Group) menjajaki pengembangan Kawasan Industri Sidayu Gresik yang terintegrasi dengan pengembangan pelabuhan di wilayah Gosari Gresik, Jawa Timur.

Keseriusan niat tersebut ditunjukan saat Direktur Utama PT Krakatau Bandar Samudera atau dikenal dengan Krakatau International Port (KIP) Akbar Djohan bersama dengan jajaran direksi KS Group ke PT Polowijo Gosari Group pada Senin, (19/6/2023).

Jajaran direksi perusahaan KS Group yang turut hadir yakni dari PT Krakatau Sarana Properti, PT Krakatau Tirta Industri, PT Krakatau Information Technology, serta anak usaha KIP yaitu PT Krakatau Jasa Logistik. 

Baca juga: KAI dan Krakatau Steel Teken MoU Optimalisasi Baja dan Angkutan Kereta

Krakatau Steel Group sendiri telah memiliki pengalaman dalam mengelola dan mengembangkan kawasan industri terintegrasi di wilayah Cilegon dengan layanan lengkap dan terintegrasi.

Kawasan industri tersebut memiliki beragam infrastruktur dan utilitas kawasan diantaranya jalan, pergudangan, pelabuhan, penyedia energi listrik, gas, pengelolaan air industri, serta integrasi layanan Information and Communication Technology (ICT).

Direktur Utama KIP, Akbar Djohan menyampaikan bahwa kunjungan tersebut dilakukan guna penjajakan dan melihat potensi yang ada di Kawasan Industri Sidayu Gresik ini, khususnya kawasan industri yang terintegrasi dengan pelabuhan maupun fasilitas lainnya.

 

“KIP merupakan pelabuhan curah terbesar di Indonesia dengan konsep Integrated Industrial Port yang terintegrasi dengan jasa logistik.Kami memiliki pengalaman dalam melayani berbagai macam jenis kargo curah mulai dari grain, mineral, raw sugar, steel product, pipe, cable hingga curah cair seperti LPG dan crude palm oil”, ujar Akbar

Akbar menambahkan setiap kawasan industri harus memiliki infrastruktur pelabuhan dan logistik, guna memperlancar kegiatan ekonomi yang ada di kawasan industri tersebut khususnya di wilayah Gresik.

Baca juga: PII Nilai Gresik Sangat Strategis sebagai Kota Industri Pendukung IKN

“KIP siap untuk melakukan pengembangan di Gresik, kami memiliki pengalaman dalam Port & Logistics mulai dari pelayanan jetty management, marine service, stevedoring, warehouse, logistic service, hingga pusat logistik berikat” jelas Akbar.

Sementara itu, CEO PT Polowijo Gosari Group, Deddy Harnoko Sucahyo, menyampaikan pihaknya merasa sangat bangga atas kunjungan Direksi KS Group ke Kawasan Industri Sidayu Gresik.

“Kami berharap segera dapat melakukan kolaborasi dengan KS Group dalam hal Pengelolaan kawasan, pengembangan pelabuhan, serta kolaborasi logistik lainnya. Karena kami yakin, dengan kolaborasi ini nantinya akan sangat bermanfaat bagi kedua belah pihak dan masyarakat sekitar kawasan,” tegas Deddy.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com