Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Optimistis Jelang Tahun Politik, Acset Terapkan 4 Langkah Strategis

Kompas.com - 20/06/2023, 21:00 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Acset Indonusa Tbk mencetak perolehan kontrak baru hingga Kuartal I-2023 senilai Rp 1,2 triliun atau melonjak hingga 46 persen.

Salah satu kontrak baru yang telah diperoleh hingga akhir kuartal pertama 2023 ini adalah Jalan Tol Probolinggo-Banyuwangi yang dibangun oleh PT Jasa Marga Probolinggo Banyuwangi, dan pelebaran Tol Cipali oleh PT Lintas Marga Sedaya.

Pada kuartal yang sama, PT Acset Indonusa Tbk juga mencatatkan pendapatan bersih senilai Rp 360 miliar atau tumbuh sebesar 24 persen dibandingkan kuartal yang sama tahun sebelumnya.

Bersamaan dengan meningkatnya kontrak dan pendapatan, perusahaan juga mencatatkan peningkatan beban pokok pendapatan dari Rp 284 miliar menjadi Rp 347 miliar atau tumbuh sebesar 22 persen.

Baca juga: Pemulihan Kinerja Berlanjut, Acset Raup Pendapatan Rp 1,03 Triliun

Perolehan ini merupakan hasil dari upaya Perseroan untuk tetap aktif aktif berpartisipasi dalam peluang-peluang yang tersedia sesuai dengan kompetensi utama yakni infrastruktur, fondasi, dan pembangunan gedung.

"Selain itu, kami akan tetap fokus pada penyelesaiaan proyek sesuai jadwal yang ditentukan sebelumnya," ujar Sekretaris Perusahaan PT Acset Indonusa Tbk Kadek Ratih Paramita Absari dalam keterangan khusus kepada Kompas.com, Selasa (20/6/2023).

Guna menghadapi kondisi pasar konstruksi yang penuh tantangan pada tahun 2023 dan jelang tahun politik 2024, Perseroan menerapkan sejumlah langkah strategis.

Pertama adalah pemanfaatan teknologi engineering untuk meningkatkan efisiensi. Kedua, memperkuat aliansi dengan mitra strategis. Ketiga proaktif memperkaya keahlian guna menyediakan jasa konstruksi terintegrasi.

Keempat memperkuat prinsip safety dan quality sebagai prinsip utama kerja dan meningkatkan continuous improvement untuk mencapai operational excellence.

"Saat ini kami sangat antusias terhadap potensi pembangunn proyek infrastruktur di Indonesia, yang mana sejalan dengan strategi kami untuk berpartisipasi lebih banyak dalam bidang infrastruktur," imbuh Kadek Ratih.

Baca juga: Acset Raup Kontrak Baru Rp 1,2 Triliun, Naik 46 Persen

Perseroan juga sangat terbuka, baik terhadap kesempatan baru maupun aktif berpartisipasi dalam kesempatan yang sudah ada sekarang. Harapannya ke depan, Perseroan dapat mendukung pembangunan infrastruktur Indonesia yang lebih baik.

Kadek Ratih optimistis, melalui berbagai inisiatif perbaikan internal Perseroan dapat memaksimalkan capaian atas penyelesaian proyek-proyek berjalan yang turut berdampak pada perbaikan kinerja keuangan.

Optimisme tersebut juga didukung melalui pencapaian kontrak baru yang lebih baik dari periode sebelumnya yang tercatat membukukan pendapatan sebesar Rp 1,03 triliun.

Dengan pendapatan tersebut, Perseroan berhasil memberikan performa yang lebih baik selama tahun 2022 dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Perbaikan kinerja keuangan Perseroan juga terlihat pada berkurangnya kerugian yang dialami oleh Perseroan sebesar 35 persen dari kerugian Rp 695.5 miliar menjadi Rp 448.9 miliar.

Hingga akhir Desember 2022, Acset mencatatkan perolehan kontrak baru sebesar Rp 2,1 triliun. Kontrak dengan nilai besar yang didapatkan, salah satunya dari proyek EleVee Penthouse & Residences.

Selain itu, terdapat sejumlah proyek dari Astra Group yakni, fasilitas pabrik di PT Astra Daihatsu Motor dan PT Astra Honda Motor.

Perseroan juga terus aktif berpartisipasi dalam tender-tender yang ada dan mengambil momentum ini sebagai waktu yang tepat untuk dapat fokus dalam melakukan proses perbaikan internal yang berkelanjutan, khususnya dalam aspek operational excellence.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com