Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iconnet di Bangka Uji Kemampuan Melalui Turnamen e-Sport

Kompas.com - 17/06/2023, 22:20 WIB
Heru Dahnur ,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

BANGKA, KOMPAS.com - Pendatang baru bisnis internet Tanah Air, Iconnet, memanfaatkan momen kejuaraan daerah e-sport di daerah Bangka, Kepulauan Bangka Belitung sebagai ajang uji kemampuan akses dan jaringan.

E-Sport yang digelar selama tiga hari, terhitung 16,17 dan 18 Juni 2023 itu pun mendapat dukungan penuh dari PLN sebagai perusahaan induk Iconnet.

Selain menerima akses internet, peserta e-sport yang berasal dari seluruh daerah kabupaten dan kota di Kepulauan Bangka Belitung juga difasilitasi tempat dan kebutuhan selama perlombaan.

"Kalau kita lihat Singapura sudah sangat cepat sekali, jadi kesempatan yang baik ini kita uji melalui turnamen e-sport," kata General Manager PLN UIW Kepulauan Bangka Belitung Mohammad Munief Budiman saat acara pembukaan di UP3 Bangka, Jumat (16/6/2023).

Baca juga: Gandeng PLN, ABB Kembangkan Infrastruktur Pengisi Daya Kendaraan Listrik

Munief mengungkapkan, PLN terus meningkatkan kapasitas layanan Iconnet di berbagai daerah termasuk di Bangka.

Saat ini kapasitas jaringan sudah mencapai 100 Gigabyte yang tentunya akan semakin memanjakan pengguna.

"Karena sudah ada jaringan kabel laut Sumatera-Bangka dan tentu saja Iconnet akan terus dikembangkan," ujar Munief.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Suganda Pandapotan berharap e-sport Bangka Belitung berprestasi bukan hanya di level nasional tapi juga internasional.

"e-Sport ini olahraga yang membutuhkan intelegensi yang tinggi, artinya para atlet yang bertanding ini merupakan atlet yang memiliki keterampilan itu, terlebih kita di kepulauan, menurut riset dunia, kita di kepulauan punya modal intelegensi dan kecerdasan di atas rata-rata," ujar Sekjen Ombudsman RI itu.

Baca juga: Kerap Terjadi Listrik Padam di Kawasan Industri, Ini Alasan PLN Batam

Kejurda kali ini mempertemukan atlet e-Sport dari 7 kabupaten/kota di Babel, dengan 4 cabang permainan yang dipertandingkan, yakni PUBG Mobile, Mobile Legends, Free Fire, dan E-Football.

Pemenang Kejurda akan mewakili Babel di ajang Pekan Olahraga Wilayah Riau Oktober 2023, serta dipersiapkan untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) Sumatera Utara 2024.

Ketua Pengurus Provinsi E-Sport Indonesia (ESI) Babel Imam Santoso menargetkan 4 emas di ajang Porwil Pekanbaru. Ia juga berharap Kejurda ini mampu menjadi ajang seleksi atlet e-Sport nasional.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com