Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dubes Iwan Bogananta Fasilitasi Rencana Investasi Bulgaria Senilai 50 Juta Dollar AS di IKN

Kompas.com - 11/06/2023, 15:51 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa penuh Republik Indonesia untuk Bulgaria merangkap Makedonia Utara dan Albania, Iwan Bogananta, memfasilitasi pertemuan Kementerian Investasi Indonesia/Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dengan calon investor Bulgaria.

Pertemuan yang digelar Kamis (8/6/2023) ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan para calon investor Bulgaria setelah ke Ibu Kota Nusantara (IKN) pada April 2022 lalu bersama Duta Besar Iwan Bogananta.

Salah satu investor Bulgaria yang tertarik menanamkan modalnya di IKN adalah Founder Bella Dimitrios Vitzilious. Tak tanggung-tanggung, investasi yang akan dibenamkan senilai 50 juta dollar AS atau ekuivalen Rp 744,2 miliar.

Baca juga: Harmonature, Cara KBRI Sofia Tingkatkan Ekonomi Kreatif dan Kunjungan Turis Mancanegara

Ketertarikan untuk berinvestasi tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepakatan dan Letter of Intents (LoI) antara Dimitrios Vitzilious dan Direktur Promosi Sektoral, Kedeputian Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Sri Endang Novitasari.

Dimitri tertarik melakukan pengembangan pada sektor energi terbarukan dan rantai pasok industri makanan dan minuman di IKN.

Dia menilai, investasi jangka pendek atau short term investment sangat menarik dalam membantu pengembangan IKN.

"Dan tidak menutup kemungkinan grup perusahaan kami akan berinvestasi dalam jangka panjang," ujar Dimitri, dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (11/6/2023).

Sementara itu, Direktur Promosi Sektoral, Kedeputian Bidang Promosi Penanaman Modal Kementerian Investasi/BKPM Sri Endang Novitasari menyambut baik keinginan calon investor Bulgaria.

Baca juga: Kembangkan Energi Baru dan Terbarukan, Len Gandeng IPS Bulgaria

Dalam paparan singkatnya, Sri Endang menawarkan beberapa peluang Investasi beserta insentif seperti keringanan pajak atau tax holiday yang bisa dijadikan tolak ukur dalam menarik minat para calon investor.

Dubes Iwan Bogananta menambahkan, keseriusan investor Bulgaria untuk berinvestasi dan melakukan penetrasi bisnis di Indonesia, khususnya IKN, merupakan salah satu dari sekian banyak kontribusi aktif KBRI Sofia dalam memajukan pertumbuhan ekonomi di Tanah Air.

"Sebelumnya, KBRI Sofia juga aktif melakukan promosi intensif produk-produk ekspor Indonesia kepada para invstor Bulgaria, mulai dari tepung kelapa, bulu mata, tekstil sampai dengan outbound investment pengembangan pabrik makanan Indonesia di Bulgaria," tutur Iwan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com