Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Panjang, Arus Lalin di Tol Luar Pulau Jawa Terpantau Naik

Kompas.com - 05/06/2023, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Arus lalu lintas (lalin) di jalan tol luar Pulau Jawa terpantau naik pada libur panjang Hari Lahir Pancasila dan Hari Raya Waisak 2023 atau tepatnya pada Sabtu (3/6/2023).

Berdasarkan data dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk, kenaikan arus lalin terpantau terjadi di Ruas Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa sebesar 33,5 persen.

Pada kondisi normal, ada sebanyak 30.706 kendaraan yang melintasi ruas tol tersebut, dan naik menjadi 40.988 kendaraan.

Kemudian kenaikan arus lalin juga terjadi di Ruas Tol Balikpapan-Samarinda (Balsam) sebesar 6,37 persen.

Jumlah kendaraan yang melintas pada periode tersebut ada sebanyak 11.658 kendaraan dari 10.960 kendaraan pada kondisi normal.

Sementara untuk ruas tol di Pulau Jawa, Jasa Marga mencatat ada sebanyak 154.924 kendaraan yang kembali ke wilayah Jabotabek pada periode yang sama.

Angka tersebut merupakan angka kumulatif dari empat Gerbang Tol (GT) Utama, yaitu GT Cikupa (dari arah Merak), GT Ciawi (dari arah Puncak), dan GT Cikampek Utama (dari arah Trans Jawa) dan GT Kalihurip Utama (dari arah Bandung).

Baca juga: Sejumlah Ruas Tol Yogya-Bawen Bakal Bisa Dilintasi Tahun Depan, Mana Saja?

Total volume lalin yang kembali ke wilayah Jabotabek ini meningkat 15,7 persen jika dibandingkan lalin normal dengan total 133.889 kendaraan.

Untuk distribusi lalu lintas kembali ke Jabotabek dari tiga arah yaitu dengan mayoritas sebanyak 75.962 kendaraan (49 persen) dari arah Timur (Trans Jawa dan Bandung).

Kemudian 37.510 kendaraan (24,2 persen) dari arah Barat (Merak), dan 41.452 kendaraan (26,8 persen) dari arah Selatan (Puncak).

Jasa Marga mengimbau pengguna jalan untuk mengantisipasi perjalanan sebelum memasuki jalan tol.

Pastikan kendaraan maupun pengendara dalam keadaan prima, pastikan kecukupan BBM dan saldo uang elektronik serta mematuhi rambu-rambu dan arahan petugas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com