Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ditopang Pusat Belanja, Pakuwon Cetak Laba Bersih Rp 658 Miliar

Kompas.com - 02/05/2023, 09:30 WIB
Hilda B Alexander

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Raja properti Nasional asal Surabaya, Jawa Timur, PT Pakuwon Jati Tbk (PWON) membukukan lonjakan Laba Bersih Kuartal I-2023 sebesar 61,0 persen menjadi Rp 658 miliar dibandingkan pencapaian pada periode yang sama tahun 2022 sebesar Rp 409 miliar.

Laba ini diperoleh dari pendapatan bersih yang tercatat Rp 1,385 triliun, atau tumbuh 5,9 persen dari tahun sebelumnya senilai Rp 1,307 triliun.

Peningkatan juga dibukukan segmen Laba Bruto yang tercatat Rp 747 miliar, atau naik 10,2 lebih tinggi dibanding tahun lalu Rp 678 miliar.

Baca juga: Laba Pakuwon Naik 18 Persen Jadi Rp 1,83 Triliun

Sedangkan EBITDA sebesar Rp 771 milyar, naik 5,5 persen dibanding tahun sebelumnya Rp 731 miliar.

Menurut Direktur Keuangan dan Sekretaris Perusahaan PWON Minarto Basuki, kinerja positif ini ditopang recurring revenue yang mencapai Rp 1,084 triliun atau naik 28,7 persen dibandingkan tahun lalu sebesar Rp 842 miliar.

Terdiri atas pendapatan retail mall Rp 743 miliar, tumbuh 24 persen dibanding tahun lalu Rp 600 miliar, dan pendapatan sewa perkantoran Rp 80 miliar atau berubah 7 persen dari tahun lalu Rp 75 miliar.

Kemudian pendapatan hospitalitas sebesar Rp 260 miliar, melonjak 56 persen dibanding tahun lalu Rp 167 miliar seiring dengan pemulihan ekonomi tahun 2022.

"Sedangkan, development revenue tercatat Rp 301 miliar, atau turun 35,3 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp 465 miliar," ujar Minarto dalam keterangan yang diterima Kompas.com, Selasa (2/5/2023).

Ada pun berdasarkan revenue per segment, penyewaan mal berkontribusi 54 persen, hotel dan apartemen servis 19 persen, penyewaan kantor 6 persen, kondominium 8 persen, penjualan rumah tapak 10 persen dan penjualan kantor 3 persen.

Marketing sales 

Sementara itu, sepanjang Kuartal I-2023, Perseroan membukukan penurunan marketing sales Rp 298 miliar dibanding periode yang sama tahun lalu Rp 380 miliar.

Komposisi penjualan terdiri dari rumah tapak 47 persen serta kondomonium dan perkantoran masing-masing 51 persen dan 2 persen.

Untuk membiayai pembangunan Pakuwon mall Bekasi, Pakuwon City Mall, renovasi Pakuwon Mall Jogja dan Solo Baru, dan pembelian hotel Four Points by Seharton Bali, Kuta, serta pembelian tanah, mengucurkan belanja modal senilai Rp 511 miliar.

Untuk diketahui, PWON adalah pemilik, pengelola dan pengembang properti yang pada tahun ini memasuki usianya ke-41 tahun.

PWON adalah perusahaan properti pertama yang tercatat di BEI sejak 1989. Perseroan memiliki konsep bisnis yang terdiversifikasi dengan baik melalui investasi properti, termasuk mengembangkan, memiliki dan mengelola pusat perbelanjaan komersial, perkantoran dan hotel maupun pengembangan properti.

Selain itu, Perseroan juga mengembangkan perkantoran dan kondominium strata-tittle dan pengembangan residensial berskala kota mandiri (township) untuk dijual.

Menurut Minarto, PWON akan terus bertumbuh dengan strategi pertumbuhan yang seimbang antara recurring dan development revenue.

Berikut portofolio properti yang dimiliki Perseroan:

  • Superblok Gandaria City, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel)
  • Superblok Kota Kasablanka, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel, apartemen dan perkantoran)
  • Somerset Berlian, Jakarta (apartemen servis)
  • Blok M Plaza, Jakarta (pusat perbelanjaan ritel)
  • Superblok Tunjungan City, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, perkantoran dan hotel)
  • Superblok Pakuwon Mall, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, apartemen servis, dan hotel)
  • Royal Plaza, Surabaya (pusat perbelanjaan ritel)
  • Pakuwon City township (landed residential), Pakuwon City Mall (pusat perbelanjaan ritel), Amor Tower, Pakuwon City Mall tahap 3 dan East Coast Mansion tahap 2 (pusat perbelanjaan ritel dan apartemen yang sedang dalam masa pembangunan), serta apartemen Educity, di Surabaya Timur
  • Grand Pakuwon township (landed residential) dan Food Junction (hypermarket, culinary & leisure destination), di Surabaya Barat
  • Superblok Pakuwon Mall, Bekasi (pusat perbelanjaan ritel, apartemen, dan hotel yang seluruhnya sedang dalam masa pembangunan)
  • Pakuwon Mall Jogja dan Yogyakarta Marriot Hotel (pusat perbelanjaan ritel dan hotel)
  • Pakuwon Mall Solo Baru (pusat perbelanjaan ritel)
  • Four Points by Sheraton Bali, Kuta (hotel)
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com