Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA Raup Kontrak Baru Rp 2,09 Triliun, Sumbernya dari Sini

Kompas.com - 07/04/2023, 17:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk memperoleh kontrak baru sebesar Rp 2,09 triliun per Februari 2023.

Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito menyampaikan, capaian selama dua bulan pertama tahun 2023 ini tidak terlepas dari perpaduan antara proyek baru dan kontrak yang didapatkan dari segmen industri konstruksi.

Sementara itu, berdasarkan komposisi project owner (pemilik proyek), sebagian besar berasal dari sektor swasta dan Pemerintah.

Baca juga: Berkat Metode Pipe Jacking Sodetan Ciliwung, WIKA-Jakon Raih Rekor Muri

"Kontrak baru yang didapatkan ini merupakan kontrak yang menggunakan terms progress payment, sesuai dengan strategi untuk memperkuat kondisi perseroan dari sisi finansial," ungkap Agung dalam rilis, Kamis (6/4/2023).

Salah satu proyek terbaru yang didapatkan WIKA pada Februari 2023 adalah Proyek Pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong Lanjutan di DKI Jakarta.

Dengan nilai kontrak sebesar Rp 113,74 miliar, proyek ini ditargetkan untuk rampung pada Desember 2023.

Proyek Pembangunan Stasiun Pompa Ancol Sentiong Lanjutan dibangun sebagai upaya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk mengurangi risiko banjir yang kerap menggenangi 3 kecamatan di Jakarta.

Mulai dari Kecamatan Tanjung Priok, Pademangan, dan Kemayoran dengan memompa air Kali Sentiong ketika elevasinya tinggi dan mengalirkannya kembali ke Teluk Jakarta.

Sebelumnya, WIKA dan PT Jaya Konstruksi Tbk atau Jakon dengan skema kerja sama operasi (KSO) meraih rekor MURI atas metode metode pipe jacking (pendongkrak pipa) dengan mesin Tunnel Boring Machine (TBM) tipe Earth Pressure Balance (EPB) Sodetan Ciliwung.

Rekor MURI yang didapatkan KSO berkategori proyek Pipe Jacking dengan Diameter Pipa Terbesar dan kategori Jarak antar Shaft Terpanjang di Indonesia.

Mesin EPB tersebut terhubung dengan pipa beton berdiameter luar 4,05 meter yang didorong (jacking) sepanjang 590 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com