Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

WIKA dan Jakon Sukses Terobos Terowongan Sodetan Ciliwung ke KBT

Kompas.com - 25/01/2023, 18:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Wijaya Karya (Persero) Tbk atau WIKA dan PT Jaya Konstruksi atau Jakon sebagai kontraktor pelaksana Pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur berhasil menorehkan Breakthrough Line (penerobosan terowongan) dalam menyelesaikan pembangunan tunnel 2 jalur yang menghubungkan inlet (saluran masuk) hingga outlet (saluran keluar).

Momentum ini ini disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Disaksikan Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono dan Direktur Utama WIKA Agung Budi Waskito beserta Manajer Proyek Farida Maharani.

Jokowi menyampaikan, Sodetan Ciliwung menjadi solusi atas banjir di ibu kota yang diperkirakan debit air Sungai Ciliwung sebesar 60 meter per detik dapat dialirkan ke Kanal Banjir Timur melalui terowongan.

Presiden mengungkapkan, pada bagian hulu sudah selesai dibangun Bendungan Ciawi dan Sukamahi.

"Di bawah sudah sampai Jakarta masih ada masalah, sekarang sebentar lagi akan selesai April 2023 ini. Insya Allah sudah selesai Sodetan Ciliwung yang sudah berhenti enam tahun,” ujar Jokowi sebagaimana dikutip dari keterangannya, Rabu (25/1/2023).

Baca juga: Sodetan Ciliwung Bakal Tekan Banjir Jakarta Jadi 211 Hektar

Sementara itu, kata Agung, breakthrough ini merupakan milestone (batu loncatan) bagi pembangunan proyek Sodetan Ciliwung.

Dalam pengerjaannya, WIKA-Jakon menggunakan metode kerja yang dipadukan dengan kemampuan untuk mengoperasikan teknologi konstruksi yang baik.

Metode Pipe Jacking di proyek Sodetan ini menggunakan mesin Tunnel Boring Machine (TBM) tipe Earth Pressure Balance (EPB).

Mesin EPB tersebut terhubung dengan pipa beton berdiameter luar 4,05 meter yang didorong (jacking) sepanjang 590 meter.

Dengan prestasi tersebut, WIKA-Jakon kerja sama operasi (KSO) berhasil meraih rekor MURI dengan kategori proyek Pipe Jacking dengan Diameter Pipa Terbesar dan kategori Jarak antar Shaft Terpanjang di Indonesia.

"Torehan ini juga membuktikan kapasitas WIKA dalam menjawab tantangan yang ada di proyek pembangunan Sodetan Ciliwung ke Kanal Banjir Timur," pungkas Agung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com