Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tembus 10 Besar, Bandara Soekarno-Hatta Termasuk Paling Bersih di Asia

Kompas.com - 17/03/2023, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Bandara Soekarno-Hatta menjadi salah satu dari 10 bandara terbersih di Asia dalam ajang Skytrax World Airport Awards 2023.

Hasil Skytrax World Airport Awards 2023 berlandaskan survei yang dilakukan pada Agustus 2022 hingga Februari 2023 di lebih dari 550 bandara terhadap traveler yang berasal dari lebih 100 negara.

Survei ini mengevaluasi pengalaman traveler terhadap layanan bandara di berbagai area mencakup check-in, kedatangan, transit, komersial, keamanan dan imigrasi, hingga gate keberangkatan.

Mengutip dari rilis pers diterima Kompas.com pada Jumat (17/03/2023), Bandara Soekarno-Hatta menembus peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airports 2023).

President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, penghargaan sebagai bandara terbersih di Asia ini berhasil diraih sejalan dengan program transformasi yang dijalankan AP II di Bandara Soekarno-Hatta.

Baca juga: Bandara Soekarno-Hatta Masuk 50 Besar Bandara Terbaik di Dunia 2023

Sejak Kuartal IV-2022, AP II menjalankan transformasi untuk menjadikan Bandara Soekarno-Hatta sebagai referensi bagi bandara-bandara di Indonesia dalam operasional dan memberikan pelayanan bagi masyarakat.

"Salah satu yang diterapkan dalam program transformasi ini adalah Bandara Soekarno-Hatta meningkatkan customer experience melalui penyempurnaan interior, tampilan dan nuansa di terminal penumpang yang salah satunya mencakup kebersihan," jelasnya.

Director of Commercial & Services AP II M. Rizal Pahlevi menambahkan, pencapaian positif Bandara Soekarno-Hatta tidak lepas dari staf bandara yang memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

Pencapaian ini juga mendorong AP II untuk semakin meningkatkan standar layanan di seluruh bandara yang dikelola perseroan.

"Kebersihan dan pelayanan yang diberikan Bandara Soekarno-Hatta telah diakui secara internasional. Bandara-bandara AP II lainnya mengikuti standar yang diterapkan di Bandara Soekarno-Hatta untuk memberikan customer experience terbaik," tutup M. Rizal Pahlevi.

Selain meraih predikat bandara terbersih di Asia, Bandara Soekarno-Hatta juga meraih dua penghargaan lain dalam ajang Skytrax World Airport Awards 2023.

Yakni, menempati peringkat ke-9 dalam daftar 10 bandara terbersih di Asia (Asia: The Cleanest Airports 2023), serta menduduki posisi ke-5 dalam daftar bandara terbaik dunia kategori 40 - 50 juta penumpang (Best Airports 2023: 40 to 50 Million Passengers).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com