Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Proyek Peninggian Kelar, Tol Pondok Aren-Serpong Kembali Beroperasi

Kompas.com - 25/02/2023, 14:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Bintaro Serpong Damai (BSD) yang merupakan anak usaha dari PT Margautama Nusantara (MUN) sebagai pengelola dan operator Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong (Tol BSD) secara resmi akan mengoperasikan secara fungsional Proyek Peninggian Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong Km 8 arah Jakarta pada 25 Februari 2023, pukul 00.00 WIB.

Dilansir dari keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Sabtu (25/2/2023), pengoperasian kembali ruas tol ini dilakukan setelah dinyatakan memenuhi persyaratan fungsional dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

Proyek peninggian Jalan Tol BSD Km 8 merupakan langkah konkret BSD dalam mengatasi permasalahan genangan air yang kerap terjadi di lokasi tersebut apabila intensitas hujan tinggi.

"Dengan dioperasikannya Jalan Tol Ruas Pondok Aren-Serpong Km 8 arah Jakarta ini, diharapkan ke depannya pengguna jalan jadi lebih nyaman dan tidak terhambat lagi akibat adanya genangan air pada saat melintas," ucap Direktur Utama PT BSD Purwoto.

Sebagai informasi, pekerjaan peninggian Jalan Tol BSD Km 8 digarap secara bertahap agar ruas tersebut dapat tetap dilewati kendaran.

Pada tahap awal, peninggian Km 8 dilakukan untuk arah Jakarta terlebih dahulu, baru selanjutnya secara bergantian akan dilakukan untuk arah sebaliknya (arah Serpong/BSD). Peninggian di media ruas ini diharapkan selesai pada kuartal dua tahun 2023.

Baca juga: Progres Konstruksi Tol Solo-Yogya-YIA Kulon Progo, Dua Seksi Masuk Persiapan

Lingkup konstruksi yang dilakukan di antaranya mengganti box culvert menjadi jembatan bentang 20 meter agar aliran air dapat cepat mengalir, meninggikan jalan untuk kedua ruas, serta membangun kolam retensi di sisi jalan guna menambah area tampungan air sementara.

Sebagai pengelola jalan tol, BSD memiliki ruang lingkup terbatas di wilayah tol saja guna memastikan standar pelayanan minimum (SPM) terpenuhi bagi seluruh pengguna jalan tol.

Proses pengerjaan proyek ini juga telah diintegrasikan secara komprehensif dengan pihak-pihak terkait.

Sepanjang proyek peninggian dilakukan, manajemen lalu lintas Tol BSD mengimbau seluruh pengguna jalan yang melintas untuk selalu berhati-hati dan mengikuti setiap rambu-rambu lalu lintas.

Informasi terkait pengoperasian jalan ini telah disosialisasikan melalui seluruh kanal komunikasi resmi Tol BSD.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com