Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

51 Jalan Rusak di Klaten Akibat Proyek Tol Yogya-Solo Segera Dibenahi

Kompas.com - 22/02/2023, 18:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten, Jawa Tengah, melaporkan 51 ruas jalan di Klaten rusak akibat dilintasi kendaraan muatan berat untuk proyek Jalan Tol Yogyakarta-Solo.

Dilansir dari laman resmi Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Rabu (22/2/2023), Ketua DPRD Klaten Hamenang Wajar Ismoyo mengharapkan adanya perbaikan dan pengawasan jalan daerah yang rusak itu.

Hal ini perlu dilakukan agar masyarakat tidak mencari jalur lain yang nantinya bisa mengakibatkan penambahan kerusakan jalan.

Selain itu, juga diharapkan perbaikan jalan yang dilakukan oleh pihak berwenang agar memerhatikan kualitas material yang digunakan.

Sementara itu, Direktur Teknik PT Jogjasolo Marga Makmur (JMM) Pristi Wahyono menyampaikan permohonan maaf atas keluhan masyarakat akibat proyek Tol Yogyakarta-Solo.

Dari 51 ruas jalan tadi, sebanyak 21 di antaranya telah diperbaiki. Sehingga saat ini tersisa 30 ruas jalan rusak yang segera dibenahi.

Baca juga: Besok Rabu, Junction Wringinanom Resmi Tersambung dengan Tol Trans Jawa

General Superintendent Paket 1.1 Oka Candra Sukmana mengatakan, PT Adhi Karya (Persero) Tbk telah mengerahkan tiga tim yang dibekali alat berat memadai dan saat ini sedang dalam proses untuk mengejar perbaikan ruas jalan.

Melalui pertemuan Pemda dan pelaku proyek tersebut, terbentuk sebuah kesepakatan bahwa pengawasan atas perbaikan ruas jalan rusak bakal dilakukan bersama-sama.

Kedepannya pihak proyek diharapkan dapat memberikan sosialisasi beserta petunjuk rute yang hanya boleh dilewati kendaraan pengangkut material.

Juga diharapkan pihak proyek bisa menindak tegas secara langsung pengemudi yang bandel hingga ke sumber penambangannya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com