Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 PSN di Jakarta Diminta Selesai Lebih Cepat, Ini Daftarnya

Kompas.com - 20/01/2023, 12:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah terus mendorong penyelesaian Proyek Strategis Nasional (PSN) di Indonesia, termasuk yang berlokasi di wilayah DKI Jakarta.

Apalagi Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menginstruksikan agar PSN bisa selesai sebelum semester I tahun 2024 serta memastikan pembangunannya tetap berjalan setelah 2024.

Hal itu tersaji dalam Rapat Koordinasi Menteri terkait Percepatan Infrastruktur PSN di Jakarta, pada Kamis (19/01/2023).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto selaku Ketua Komite Percepatan Pembangunan Infrastruktur Prioritas (KPPIP) mengungkapkan, berdasarkan hasil evaluasi per Januari 2023, terdapat 27 PSN di wilayah DKI Jakarta dengan estimasi nilai investasi sebesar Rp 313 triliun.

"Dari 27 Proyek tersebut, 3 PSN telah beroperasi, 4 PSN berstatus beroperasi sebagian, 6 PSN dalam masa konstruksi, dan 14 PSN telah masuk ke dalam tahap penyiapan dan transaksi," jelasnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Kemenko Bidang Perekonomian.

Sejalan dengan status PSN tersebut, para pemangku kepentingan diminta untuk komitmen agar 14 proyek yang masih dalam tahap penyiapan dan transaksi dipastikan telah masuk minimal tahap konstruksi pada semester I tahun 2024.

Baca juga: Ternyata, Ini Biang Kerok yang Bikin Muka Tanah Jakarta Turun

Selain itu, Airlangga juga menekankan pentingnya penyelesaian proyek yang memiliki manfaat luas bagi masyarakat dan perekonomian di wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Terutama terhadap 9 cluster proyek senilai Rp 256 triliun. Berikut daftarnya:

  1. MRT North South Line Fase 2;
  2. MRT East West;
  3. LRT Velodrome-Manggarai;
  4. Pengolahan Sampah menjadi Energi Listrik;
  5. Sistem Pengolahan Air Minum Regional Jatiluhur I;
  6. 6 ruas jalan tol DKI;
  7. Jalan tol Akses New Priok Eastern Access (NPEA);
  8. Jakarta Sewerage System;
  9. Tanggul Pantai.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada kesempatan tersebut juga menekankan pentingnya penyelesaian PSN sektor transportasi di DKI Jakarta, mengingat mendesaknya isu kemacetan di wilayah itu.

Baca juga: Perluasan Jalur MRT di Banten dan Jawa Barat, Ini Rutenya

Sementara itu, Pj. Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyampaikan komitmen untuk melaksanakan PSN di wilayah DKI Jakarta sesuai dengan kewenangannya, baik dari sisi pembiayaan, perizinan maupun penetapan lokasi.

Sesuai dengan arahan Menko Airlangga, pimpinan Kementerian/Lembaga telah berkomitmen untuk mengakselerasi proyek atau program yang telah diamanatkan dalam regulasi.

Yakni Peraturan Menteri Bidang Perekonomian Nomor 21 Tahun 2022 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Perubahan Daftar Proyek Stategis Nasional.

Kemudian dia mengingatkan pentingnya komitmen para pemangku kepentingan terutama Menteri Perhubungan dan Pj. Gubernur DKI Jakarta dalam memenuhi readiness criteria dan kesiapan proyek untuk dapat dilaksanakan oleh para penanggungjawab PSN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com