Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Universitas Muhammadiyah Buton Bakal Punya Rusun Mahasiswa, Ini Spesifikasinya

Kompas.com - 20/01/2023, 11:30 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian PUPR mulai melaksanakan pembangunan rumah susun (rusun) untuk mahasiswa Universitas Muhammadiyah Buton di Kota Baubau, Provinsi Sulawesi Tenggara.

Prosesi peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan rusun pun telah dilaksanakan pada Jumat (13/01/2023) lalu.

Rusun yang dibangun dengan anggaran senilai Rp 15,17 miliar itu direncanakan menjalani masa konstruksi sekitar 10 bulan.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Iwan Suprijanto menyampaikan, pembangunan rusun untuk asrama bagi mahasiswa di perguruan tinggi merupakan upaya pemerintah untuk melatih para mahasiswa untuk terbiasa tinggal di hunian vertikal.

"Selain itu kami juga ingin perguruan tinggi di daerah bisa meningkatkan kualitas pendidikannya," ujarnya dalam keterangan resmi dikutip dari laman Ditjen Perumahan, Jumat (20/1/2023).

Iwan juga berharap, dengan hadirnya rusun tersebut dapat mencetak mahasiswa yang cerdas dari sisi akademik dan spritualnya, sehingga dapat memberikan kontribusi khususnya untuk Kota Baubau.

"Selain itu juga berkontribusi bagi bangsa dan negara dan berkiprah secara internasional," tandasnya.

Baca juga: 22 Tower Rusun Pekerja IKN Rampung Januari Ini

Kepala Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan Sulawesi III, Iskandar Ismail menjelaskan, lokasi pembangunan rusun Universitas Muhammadiyah Buton berlokasi di KM 5 Kelurahan Kadolokatapi, Kota Baubau.

Spesifikasinya, rusun tersebut dibangun satu tower setinggi tiga lantai, memiliki 43 unit hunian tipe 24, dua ruang serbaguna, serta dapat menampung 168 mahasiswa.

"Kami juga akan melengkapi Rusun tersebut dengan meubelair berupa ranjang tidur, lemari, kursi dan meja belajar. Harapannya mahasiswa dapat belajar dengan tenang sehingga meningkatkan nilai belajar," jelasnya.

Rektor Universitas Muhammadiyah Buton Dr. Waode Al Zarliani, SP.,MM menyampaikan terima kasih kepada Kementerian PUPR atas bantuan pembangunan rusun tersebut.

"Akhirnya pembangunan rusun dapat terealisasi di lapangan. Rusun ini nantinya akan diperuntukkan bagi mahasiswi," tutupnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com