Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertimbangkan 5 Hal Ini Sebelum Membeli Bathtub

Kompas.com - 29/12/2022, 18:00 WIB
Thefanny,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com – Berendam air hangat setelah melewati hari yang melelahkan rasanya bisa menghilangkan semua rasa pegal di tubuh.

Salah satu fasilitas yang diperlukan untuk merasakan kenyamanan berendam air hangat di kamar mandi adalah memliki bathtub sendiri. 

Namun demikian, Anda harus mempertimbangkan apakah produk ini benar-benar dibutuhkan atau tidak. Pasalnya harga bathtub di pasaran cukup mahal. 

Jika Anda berniat untuk membeli bathtub, berikut beberapa pertanyaan yang perlu Anda jawab agar bisa berinvestasi dengan tepat. 

Baca juga: Langkah Praktis Bersihkan Bathtub dengan Cuka Putih

1. Tujuan Membeli bathtub

Tujuan utama dari menggunakan bathtub adalah untuk merendam tubuh dan relaksasi. Namun, di pasaran terdapat berbagai tipe bathtub sesuai spesifikasinya. 

Bathtub biasa hanya digunakan untuk menampung air. Namun ada juga bathtub dengan fasilitas water jets yang bisa digunakan sebagai pijat.

Terkadang, pembeda dari tiap bathtub juga terletak pada aksesoris yang mengikuti seperti pegangan, sandaran kepala, atau dasar anti selip.

Semakin banyak aksesoris dan ukurannya, semakin tinggi juga harga bathtub-nya. Itulah mengapa Anda perlu mengetahui dengan jelas kebutuhan yang Anda cari dalam bathtub agar tidak menghabiskan anggaran.

2. Luas Kamar Mandi

Bathtub memiliki ukuran yang relatif besar. Standarnya, sebuah bathtub memiliki panjang  1,5 meter dan lebar 75–80 cm.  Tentu saja ukuran ini beragam sesuai dengan tipe dan bentuk bathtub.

Sebelum membeli, pastikan kamar mandi Anda memiliki ruang gerak yang cukup setelah diisi bathtub. Jangan lupaperhatikan bukaan pintu dan letak saluran air.

Jika memilih bathtub dengan spesifikasi khusus seperti water jets, Anda perlu memperhatikan letak sambungan listrik untuk pompa dan timer.

3. Ketahanan Lantai

Selain memerhatikan ukuran kamar mandi, Anda juga perlu memerhatikan ketahanan lantai dalam menampung beban berat.

Pastikan lantai kamar mandi Anda kuat menahan beban bathtub yang berisikan air dan seseorang di dalamnya.

Biasanya Anda perlu memerhatikan ini jika tinggal di apartemen atau berencana untuk memasang bathtub di lantai dua rumah. 

4. Kapasitas Mesin Pemanas Air

Panasnya suhu air yang digunakan setiap orang untuk berendam bersifat relatif. Meski begitu, air panas tetap dibutuhkan dalam jumlah besar jika ingin digunakan untuk berendam.

Pastikan mesin pemanas air yang Anda gunakan dapat menghasilkan suhu panas yang cukup agar Anda dapat mendapatkan manfaat relaksasi ketika berendam. 

5. Kenyamanan

Sebelum memutuskan membeli satu unit bathtub, cobalah terlebih dahulu. Masuk dan cek kenyamanan tubuh Anda jika menggunakan bathtub tersebut untuk berendam.

Hindari membeli bathtub yang terlalu kecil dan sempit sehingga hingga membuat postur tubuh Anda justru tidak nyaman setelah selesai berendam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com