Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Harus Ada Jendela di Kamar Mandi?

Kompas.com - 27/08/2022, 21:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis


JAKARTA,KOMPAS.com - Jendela merupakan salah satu bagian penting yang harus dimiliki dalam sebuah rumah agar bisa mengatur lalu lintas udara dengan baik.

Mungkin Anda bertanya-tanya apakah kamar mandi membutuhkan sebuah jendela seperti halnya ruangan lain di rumah? Jawabannya adalah butuh.

Meskipun sering diabaikan dan dianggap tidak penting, jendela adalah kebutuhan mutlak dari sebuah kamar mandi.

Salah satu manfaat utama dari jendela yang berlokasi di area kamar mandi adalah mampu mengurangi kondensasi dan membuat kamar mandi Anda terasa lebih nyaman.

Baca juga: Ini Arti Meja Kerja Hadap Jendela Menurut Fengsui

Jendela juga bisa mengurangi udara panas saat cuaca terik serta meminimalkan pertumbuhan bakteri yang tidak diinginkan.

Kelembaban tidak bisa dihindari di kamar mandi. Apakah Anda sedang mandi atau menggunakan toilet, area kamar mandi akan menyumbangkan banyak kelembapan ke udara.

Ketika kelembaban ini tidak memiliki jalan keluar, ini akan memicu tumbuhnya jamur. Spora jamur selalu ada di udara, dan ketika mereka mendarat di lingkungan yang lembab, seperti kamar mandi, mereka mulai berkembang biak dan tumbuh di mana-mana.

Mulai dari lemari, dinding, dan ubin. Sebelum Anda menyadarinya, jamur bisa menggerogoti segala sesuatu yang dilaluinya.

Jamur tidak hanya tidak sedap dipandang, tetapi juga berbahaya bagi kesehatan seseorang. Menurut CDC, itu dapat menyebabkan infeksi jamur, alergi, masalah pernapasan, hingga asma.

Selain itu, kamar mandi yang tidak berventilasi dengan kelembaban tinggi mengeluarkan bau lembab dan apek.

Akumulasi kelembaban juga dapat menyebabkan lemari/lemari kayu lapis Anda terdistorsi, membusuk dan membengkak, hingga mengelupasnya cat.

Baca juga: Berapa Ukuran Ideal Jendela Rumah? Simak Aturannya

Jadi pastikan kamar mandi Anda memiliki jendela. Tidak perlu berukuran besar seperti layaknya ukuran jendela di kamar tidur atau ruang tamu. Meskipun bentuknya kecil namun bisa menjadi jalan keluar masuk udara.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com