Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jelang Natal-Tahun Baru, 1,2 Juta Kendaraan Lintasi Tol Trans-Sumatera

Kompas.com - 29/12/2022, 16:30 WIB
Suhaiela Bahfein,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Hutama Karya (Persero) mencatat, lebih dari 1,2 juta kendaraan melintas di seluruh ruas Jalan Tol Trans-Sumatera (JTTS) sejak Minggu (18/12/2022) hingga Selasa (27/12/2022).

Sementara itu, sebanyak 500.000 kendaraan melintas dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera melalui Gerbang Tol (GT) Bakauheni Selatan di Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar (Bakter) sebagai pintu awal masuk JTTS maupun sebaliknya.

Saat mampir di Rest Area KM 234 Tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung (Terpeka), Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Danang Parikesit mengatakan, Tol Bakter hingga Terpeka sudah cukup nyaman dan mulus untuk dilalui pemudik.

Baca juga: Jumat Besok, Dua Ruas Tol Trans-Sumatera Dibuka Gratis

Selain itu, dia juga ingin memastikan dari gerbang awal masuk JTTS hingga Palembang saat ini sudah dalam kondisi yang baik dengan kondisi jalan mulus.

Rest area disini juga tenant (penyewa)-nya cukup banyak, fasilitasnya juga lengkap dan bersih,' terang dia dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (29/12/2022).

Untuk itu, pengguna jalan diminta berhati-hati saat berkendara, istirahat saat sudah lelah, memastikan kecukupan BBM, dan jangan lupa bahwa keselamatan adalah nomor satu.

Sementara itu, Executive Vice President (EVP) Divisi Operasi dan Pemeliharaan Jalan Tol
(OPT) Dwi Aryono Bayuaji mengatakan, perseroan memastikan pelayanan yang optimal di ruas tol yang dikelola.

Ini khususnya saat Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 ini dengan menyiapkan berbagai fasilitas dan strategi dalam menghadapi lonjakan yang ada di jalan tol.

"Hutama Karya telah menyiagakan sebanyak total 2.528 petugas, 264 unit armada siaga,  dan 21 rest area," tutur Dwi.

Baca juga: Libur Tahun Baru via Tol Trans-Jawa, Cek Rest Area Lengkap di Sini

Dwi mengungkapkan, rest area dipastikan dalam keadaan yang nyaman, serta bersih bagi pengguna jalan, ketersediaan Bahan Bakar Mentah (BBM) tercukupi, melakukan penambahan SPBU modular di beberapa titik.

Ini di antaranya di Rest Area Rest Area KM 20 A, 49 B Tol Bakter, Rest Area KM 269 B, 272 A, 306 B Tol Terpeka, dan Rest Area Temporary KM 45 B dan 65 A Tol Permai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com