Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antisipasi Macet Natal-Tahun Baru, Akses KM 99 Tol Cipularang Dibuka

Kompas.com - 18/12/2022, 15:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui Jasamarga Metropolitan Tollroad (JMT) Regional Division mengoperasikan secara fungsional akses keluar menuju Kecamatan Darangdan, Kabupaten Purawakarta  di KM 99 Jalan Tol Cikampek-Purwakarta-Padalarang (Cipularang) arah Bandung.

Keputusan itu didasari oleh surat Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terkait pengoperasian secara fungsional akses tersebut.

Pengoperasiannya akan dilaksanakan selama periode Natal 2022 dan Tahun baru 2023 (Nataru 2022/2023), 18 Desember 2022 hingga 8 Januari 2023.

JMT Regional Division Senior General Manager Widiyatmiko Nursejati menjelaskan, dibukanya akses KM 99 Tol Cipularang arah Bandung berfungsi untuk mendistribusikan lalu lintas (lalin) arus mudik.

Ini utamanya yang menuju arah Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Bandung Barat, yang berpotensi mengalami peningkatan pada periode libur Natal 2022-Tahun Baru 2023.

Baca juga: Hati-hati Lewat Tol Cipularang dan Padaleunyi, Ada Rekonstruksi

“Kami berharap, dengan dibukanya akses menuju Kecamatan Darangdan ini akan membantu melancarkan perjalanan masyarakat karena memiliki alternatif lainnya yang lebih dekat untuk menuju lokasi tujuan mereka," ungkap Widiyatmiko.

Widiyatmiko menjelaskan, tidak dikenakan tarif tambahan di akses fungsional ini. Akan tetapi, disamakan dengan tarif menuju gerbang tol (GT) terdekat, yaitu Jatiluhur di KM 83.

Bagi pengguna jalan dengan kendaraan golongan 1 yang menuju akses fungsional Darangdan Km 99 dari GT Kalihurip Utama (Km 67) maka akan dikenakan tarif Rp 13.500.

Kemudian, untuk di GT Sadang (Km 76) dikenakan tarif Rp 6.000, serta dari GT Jatiluhur (Km 83) tidak dikenakan tarif.

“Kami mengingatkan akses ini hanya untuk menuju arah Purwakarta dan Bandung Barat," tegasnya.

Sedangkan untuk sebaliknya atau menuju arah Jakarta dari akses tersebut maka pengguna jalan harus menggunakan jalan nasional sekitar kurang lebih 20 kilometer untuk kembali masuk ke jalan tol melalui GT Jatiluhur di Km 83.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com