Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KA Datuk Belambangan Diluncurkan, Tarif Hanya Rp 5.000

Kompas.com - 06/12/2022, 14:30 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalukan soft launching kereta api (KA) Datuk Belambangan pada Jumat (2/12/2022).

KA Datuk Belambangan akan beroperasi di lintas pelayanan Tebing Tinggi-Lalang yang dibangun oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara menggunakan dana APBN.

Berdasarkan informasi dari Instagram Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara, pengoperasian KA Datuk Belambangan sangat dinanti masyarakat.

Kereta ini akan melayani lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 km'sp dengan dua perjalanan KA per hari dari Tebing Tinggi-Lalang pp.

Baca juga: KAI Siapkan 2,1 Juta Tiket Kereta buat Natal dan Tahun Baru, Segini yang Masih Tersedia

Adapun masyarakat yang ingin menggunakan layanan transportasi umum ini harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang per perjalanan.

Pengoperasian angkutan KA dilaksanakan oleh PT Kerata Api Divre I Sumatera Utara dengan menggunakan KA Lok CC K3 Premium.

Untuk jalurnya, KA Datuk Belambangan akan melalui Stasiun Tebing Tinggi-Bandar Tinggi-Tanjung Gading-Lalang.

Diharapkan sarana ini bisa meningkatkan dan memberikan kemudahan mobilitas kepada masyarakat hingga mendorong perekonomian sekitar.

Baca juga: Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung Masuk Tahap Kritikal

Sebagai informasi, jalur kereta api ini turut mendukung angkutan logistik di lintas Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung.

Lintas tersebut merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com