Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

KA Datuk Belambangan Diluncurkan, Tarif Hanya Rp 5.000

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Jenderal (Ditjen) Perkeretaapian, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalukan soft launching kereta api (KA) Datuk Belambangan pada Jumat (2/12/2022).

KA Datuk Belambangan akan beroperasi di lintas pelayanan Tebing Tinggi-Lalang yang dibangun oleh Balai Teknik Perkeretaapian Kelas II Wilayah Sumatera Bagian Utara menggunakan dana APBN.

Kereta ini akan melayani lintas Bandar Tinggi-Kuala Tanjung sepanjang 21,5 km'sp dengan dua perjalanan KA per hari dari Tebing Tinggi-Lalang pp.

Adapun masyarakat yang ingin menggunakan layanan transportasi umum ini harus merogoh kocek sebesar Rp 5.000 per orang per perjalanan.

Pengoperasian angkutan KA dilaksanakan oleh PT Kerata Api Divre I Sumatera Utara dengan menggunakan KA Lok CC K3 Premium.

Untuk jalurnya, KA Datuk Belambangan akan melalui Stasiun Tebing Tinggi-Bandar Tinggi-Tanjung Gading-Lalang.

Diharapkan sarana ini bisa meningkatkan dan memberikan kemudahan mobilitas kepada masyarakat hingga mendorong perekonomian sekitar.

Sebagai informasi, jalur kereta api ini turut mendukung angkutan logistik di lintas Sei Mangkei-Pelabuhan Kuala Tanjung.

Lintas tersebut merupakan proyek strategis nasional (PSN) yang diamanatkan oleh Presiden Joko Widodo.

https://www.kompas.com/properti/read/2022/12/06/143000021/ka-datuk-belambangan-diluncurkan-tarif-hanya-rp-5000

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke