Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajah Baru Benteng Pendem Ngawi, Destinasi Wisata Berbasis Cagar Budaya

Kompas.com - 26/11/2022, 20:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan rehabilitasi Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur.

Penataan Benteng Pendem dilakukan demi menjaga kelestarian bangunan cagar budaya yang dibangun tahun 1840-an sekaligus meningkatkan potensi pariwisata di Kabupaten Ngawi.

Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi mulai dikerjakan sejak 10 Desember 2020 sebagai tindak lanjut Direktif Presiden Joko Widodo usai meninjau bangunan bersejarah tersebut pada Februari 2019.

Saat ini pekerjaan konstruksi bangunan telah selesai 100 persen dan siap diresmikan sebagai destinasi wisata edukasi dan landmark kawasan heritage di Kabupaten Ngawi.

"Karena kawasan Benteng Pendem ini merupakan cagar budaya, penataannya harus dilakukan secara hati-hati agar nilai kulturalnya tetap terjaga," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dikutip dari rilis yang diterima Kompas.com, Sabtu (26/11/2022).

Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa TimurDok. PUPR Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Rehabilitasi kawasan pusaka Benteng Pendem dilaksanakan dengan mengadopsi Adaptive Reuse Concept.

Artinya, rehabilitasi dilakukan dengan mengembalikan fungsi bangunan cagar budaya dengan fungsi baru serta seminimal mungkin mengubah bentuk bangunan lama dengan tetap menjaga nilai kultural.

Rehabilitasi Benteng Pendem Ngawi dilaksanakan selama 2020-2022 oleh kontraktor PT Nindya Karya dengan melibatkan Balai Pelestarian Cagar Budaya Provinsi Jawa Timur.

Baca juga: Sejarah Benteng Pendem Ngawi, Bukti Keinginan Belanda Kuasai Indonesia secara Utuh

Anggaran pekerjaan konstruksi bersumber dari APBN senilai Rp 125 miliar digunakan untuk merehabilitasi 13 bangunan di dalam kompleks benteng serta penataan lanskap kawasan Inti Benteng seluas 4,8 hektar.

Juga dilakukan penataan pedestrian kawasan, normalisasi parit, pekerjaan MEP, dan pembangunan bangunan pendukung.

Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa TimurDok. PUPR Wajah baru Benteng Van den Bosch atau Benteng Pendem Ngawi di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur
Kawasan wisata Benteng Pendem berada di area Yon Armed 12 milik Kementerian Pertahanan seluas 5,4 hektar yang berlokasi sekitar 3 kilometer dari pusat kota Kabupaten Ngawi.

Bangunan cagar budaya ini bisa menjadi destinasi wisata pilihan di Kabupaten Ngawi yang dapat ditempuh dengan waktu sekitar 2,5 jam dari Bandara Juanda atau Kota Surabaya via Tol Trans-Jawa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com