Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Keren! Anjungan Minyak Ini Disulap Jadi Instalasi Seni yang Menawan

Kompas.com - 30/10/2022, 19:46 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

Sumber Arch Daily

JAKARTA,KOMPAS.com - Anjungan minyak lepas pantai biasanya identik dengan tampilan yang kaku dan membosankan.

Terlebih jika sudah menjadi sampah, maka anjungan tersebut akan membuat polusi visuasual yang menggangu. 

Namun, sebuah anjungan minyak bekas di Weston-super-Mare, Inggris berhasil disulap menjadi instalasi seni yang menawan.

Proyek tersebut dikerjakan sebuah studio desain asal Inggris, Newsubtance mengubah anjungan tersebut menjadi instalasi seni publik setinggi 35 meter.

Baca juga: Carta Laminates Gelar Pameran Instalasi Seni dan Kompetisi Foto Desain

Seperti dikutip dari Arch Daily, instalasi tersebut bahkan memiliki air terjun setinggi 10 meter, taman, dan instalasi kinetik sebanyak 6.000 buah, termasuk karya seniman Ivan Black dan Trevor Lee.

Instalasi seni bertajuk “See Monster” tersebut telah dibuka untuk umum sejak 24 September 2022 dan akan hadir hingga 5 November mendatang.

Kehadiran instalasi seni ini untuk menginspirasi orang-orang tentang konsep recycle, energi terbarukan, dan kondisi terkini cuaca Inggris. Ini merupakan bagian dari festival UNBOXED: Creativity in the UK .


Mengubah anjungan minyak menjadi instalasi seni publik yang cocok untuk pengunjung merupakan proyek teknik belum pernah terjadi sebelumnya.

Untuk mengerjakan proyek ini, Newsubtance mengakut anjungan seberat 450 ton ke tepi pantai. Anjungan ini diangkut  dengan bantuan kapal tongkang seukuran lapangan sepak bola dan diangkat dengan derek.

Hadirnya instalasi kinetik pada proyek ini digunakan membentuk sisik monster. Sisik tersebut, terbuat dari aluminium, instalasi ini dirancang untuk menahan unsur-unsur, terutama garam korosif di tepi pantai.

Baca juga: Maruf Amin Minta Gedung Baru UNU Yogyakarta Manfaatkan Panel Surya

Proyek See Monster berusaha mengingatkan para pengunjung tentang sejarah industri yang telah membentuk iklim dunia saat ini.

Manusia dapat mengubah masa depan kita dengan menggunakan kembali infrastruktur seperti anjungan minyak untuk menciptakan struktur baru yang spektakuler.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com