Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

DKI Jakarta Punya 100 Taman Maju Bersama Baru, Seperti Apa Konsepnya?

Kompas.com - 12/10/2022, 12:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kini, Provinsi DKI Jakarta punya 100 taman maju bersama (TMB) baru.

Hal ini ditandai lewat peresmian 100 TMB oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di TMB Delonix, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur pada Rabu (12/10/2022).

Dilansir dari laman resmi Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta, penyediaan TMB merupakan upaya menghadirkan kesetaraan dan rasa kebersamaan dalam ruang interaksi.

Hal tersebut sejalan dengan pernyataan Gubernur Anies yang menjelaskan TMB dirancang sebagai tempat untuk warga berinteraksi atau ruang ketiga.

"Ini adalah ruang bersama masyarakat, misalnya transportasi umum, trotoar, dan taman, itu adalah ruang ketiga di mana warga berinteraksi dan beraktivitas bersama," katanya.

Baca juga: Taman di Kawasan TOD Blok M-Sisingamangaraja Beres Direvitalisasi, Ini Fasilitasnya

Kemudian prinsip ruang ketiga adalah ruang yang memberikan perasaan kesetaraan, kebersamaan, dan ruang yang memungkinkan antarwarga ada interaksi yang positif.

Pembangunan TMB dikerjakan dengan pola yang telah disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat setempat.

Hal ini karena kebutuhan tersebut berasal dari aspirasi masyarakat yang dimasukkan ke dalam proses perancangan, sehingga warga ikut terlibat.

"Rancangan yang dihasilkan pun merupakan produk kolaborasi yang melibatkan pemerintah, masyarakat, dan pakar, sehingga muncul format yang berbeda-beda di setiap tempat," tambahnya.

Diharapkan, warga khususnya anak-anak bisa memanfaatkan fasilitas dan bermain sesuai dengan usia.

Baca juga: Cara Tepat Menata Taman Depan Rumah Minimalis

Untuk sebaran 100 TMB yang dibangun ada sebanyak 17 di Jakarta Utara, 17 di Jakarta Barat, 28 di Jakarta Selatan dan 38 di Jakarta Timur.

Sementara itu, TMB Delonix memiliki luas 8.000 meter persegi. Taman ini berbatasan dengan Sungai Cipinang di sisi Timur, sehingga dibangun pula retaining wall untuk mengantisipasi luapan banjir.

Selain itu, terdapat beragam fasilitas sebagai zona interaksi di TMB Delonix antara lain ruang untuk kegiatan berkebun, pembelajaran konservasi, ruang sosial besar.

Fasilitas lainnya meliputi ruang sosial kecil, area bermain dan olahraga, lapangan futsal dan voli, dan jalur pejalan kaki yang nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com