Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Didukung Infrastruktur, Properti di Banten Paling Banyak Dicari

Kompas.com - 22/09/2022, 13:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Banten menjadi provinsi yang mencatatkan tren pertumbuhan positif terhadap minat properti platform Lamudi periode Januari 2022-Mei 2022.

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Kamis (22/9/2022), rata-rata pertumbuhan positif pencarian properti di Banten mencapai 6,5 persen.

Kemudian, peringkat kedua disusul oleh Jawa Barat dengan pertumbuhan rata-rata 5 persen, serta Jawa Timur sebesar 3,8 persen.

CEO Lamudi Mart Polman mengungkapkan, Ini menunjukan upaya pemerintah mengakselerasi pemerataan ekonomi dengan melahirkan pusat pertumbuhan baru semakin terlihat hasilnya.

"Hal ini tercermin dari laporan yang semakin menunjukkan, pencari properti Lamudi menelusuri alternatif perumahan di luar Jakarta sebagai pusat perekonomian nasional,” terang Mart.

Baca juga: Hunian Mewah Jadi Primadona di Tengah Krisis Properti China

Dia menambahkan, realitas ini menunjukkan tren positif yang menjadi indikasi keberhasilan program pembangunan pemerintah.

Padahal, selama ini, pertumbuhan yang terpusat di Jakarta dapat lebih diratakan di wilayah lain yang akan meringankan beban transmigrasi.

Mart berpendapat, PropTech (properti teknologi) dapat menjadi salah satu sumber data dalam mengukur keberhasilan inisiatif pemerintah.

Hal ini dapat dilakukan dengan menyediakan data tren minat pencarian properti di sebuah provinsi yang menjadi target pembangunan infrastruktur pemerintah.

Tujuannya, untuk melihat adanya peningkatan pencarian setelah infrastruktur tersebut terbangun.

Diketahui pada tahun 2021 lalu, pemerintah merancang program prioritas nasional yang
akan diterapkan sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional
(RPJMN) Tahun 2020-2024.

Rencana ini disusun sebagai bagian dari agenda pemerintah untuk memeratakan pembangunan ekonomi nasional.

Dalam tujuh prioritas RPJMN pemerintah, penguatan infrastruktur merupakan agenda utama untuk mengakselerasi pemerataan ekonomi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com