Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemilik Gedung, Pertimbangkan 5 Faktor Ini Sebelum Punya Pintu Tahan Api

Kompas.com - 29/08/2022, 20:30 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA,KOMPAS.com - Pintu tahan api adalah pintu akses yang berkualitas tinggi dan bisa tahan terhadap serangan api dalam kurun waktu tertentu.

Pintu ini memiliki beragam jenis  pilihan tergantung pada seberapa banyak proteksi kebakaran yang dibutuhkan oleh para konsumen.

Bila Anda berencana membangun gedung komersial yang membutuhkan pintu tahan api, maka jangan sampai keliru memilih.

Baca juga: Pintu Rumah Berbunyi? Berikut Cara Mudah Mengatasinya

Sebagian besar bangunan komersial memerlukan pintu akses tahan api karena harus ada keamanan ekstra dan tindakan pencegahan keselamatan. Misalnya di restoran, rumah sakit, kasino, pabrik, atau hotel.

Saat memilih pintu tahan api terbaik untuk bangunan komersial, ada banyak faktor perlu yang perlu dipertimbangkan. Berikut 5 hal diantaranya seperti dikutip dari g. 

Daya tahan pintu

Pintu tahan api datang dalam berbagai pilihan bahan dan fitur. Anda dapat memiliki pintu akses yang mampu menahan api hingga 20 menit atau 180 menit.

Beberapa area di ruang komersial mungkin memerlukan jenis pintu yang tahan lama terhadap serangan api karena risiko kebakaran di area tersebut. Pilihlah pintu yang sesuai dengan kebutuhan ruangan.

Baca juga: Kenapa Kamar Mandi Hotel Dekat dengan Pintu Masuk?

Ukuran

Hal kedua yang harus mempertimbangkan adalah ukuran pintu tahan api yang akan Anda pilih. Ukuran pintu yang ideal seharusnya cukup untuk dilalui satu orang dewasa cukup jelas untuk dilihat dengan mata telanjang dari jarak minimal 60 cm atau lebih.

Ini akan membantu orang menemukan pintu tahan api dengan cepat jika terjadi keadaan darurat.

Pastikan ketika Anda memasang pintu tahan api nantinya tidak akan menghalangi arus lalu lintas pejalan kaki di tempat pintu tersebut dipasang.

Fitur tambahan

Pertimbangkan fitur tambahan yang ingin Anda miliki untuk pintu tahan api yang hendak dibeli. Beberapa pintu dapat dilengkapi dengan insulasi ekstra atau kualitas kedap suara.

Anda bahkan dapat menambahkan keamanan dan daya tahan ekstra ke pintu tahan api. Pintu tahan api juga dapat disesuaikan ukurannya dan dapat hadir dengan fitur yang berbeda agar lebih sesuai dengan tujuan dan penggunaannya.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com