Kompas.com - 29/08/2022, 16:18 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Diana Kusumastuti mengungkapkan, terdapat sekitar 47.915 desa yang belum memiliki akses air minum.

Sementara yang sudah mendapatkan akses air minum baru sebanyak 35.928 desa dari total sekitar 83.843 desa di seluruh Indonesia.

Adapun berdasarkan data Susenas pada periode RPJMN 2015-2019, jumlah penduduk Indonesia yang telah memperoleh akses air minum layak adalah sekitar 89,27 persen.

Sementara itu pada akhir tahun 2021, sekitar 90,8 persen rumah tangga telah memiliki akses air minum ke layanan dasar.

Menurut Diana, pencapaian ini merupakan hasil dari program Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas) yang sudah dilaksanakan sejak tahun 2008.

"Program Pamsimas yang telah dilaksanakan sejak tahun 2008 hingga sekarang telah berhasil menambah 24,5 juta akses air minum pada 35.928 desa, 408 Kabupaten, dan 33 provinsi di seluruh Indonesia dan terus bertambah seiring dengan pelaksanaan kegiatan Pamsimas yang masih berlanjut," tutur Diana, Senin (29/8/2022).

Baca juga: Pamsimas Berikan Akses Air Minum kepada 23,57 Juta Jiwa

Menurut Diana, pelaksanaan program Pamsimas ini tentunya memerlukan dukungan, komitmen, kerjasama dan kolaborasi yang baik dari para segenap pemangku kepentingan terkait sesuai peran dan kewenangannya.

Baik pengelola program di tingkat nasional, provinsi, kabupaten/kota, desa, masyarakat, termasuk dukungan dari Bank Dunia, Pemerintah Australia, dan dunia usaha lainnya.

"Masyarakat harus ada rasa memiliki, sehingga penyediaan air minum yang dibangun mesti berkelanjutan. Jangan sampai setelah dibangun terus macet, tidak bisa digunakan dan mangkrak," imbuh Diana.

Selain itu, upaya penyediaan akses air minum dan sanitasi layak dan aman bagi masyarakat masih menghadapi berbagai tantangan krusial.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.