Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Semester I-2022, Rumah Tapak Segmen Atas Paling Banyak Diluncurkan di Jabodetabek

Kompas.com - 17/08/2022, 19:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah tapak dengan segmentasi kelas atas paling banyak diluncurkan oleh pengembang di Jabodetabek selama Semester I-2022.

Menurut laporan Cushman & Wakefield Indonesia berjudul "Landed Residential H1-2022", terdapat 6.744 unit pasokan baru selama periode ini. 

Itu termasuk yang berasal dari kawasan baru di Bekasi yang menyumbang sekitar 290 unit pasokan baru.

Berbeda dengan tren selama pandemi, sebagian besar pasokan baru adalah rumah tapak segmen atas. Sekitar 32,1 persen dari total pasokan baru.

Baru kemudian diikuti oleh rumah tapak segmen menengah bawah sebesar 22,8 persen.

Banyak perumahan di Jabodetabek, khususnya di Jakarta dan Tangerang, mulai menawarkan lebih banyak produk dari segmen yang lebih tinggi selama periode peninjauan.

Yaitu dengan bangunan dan ukuran kavling per unit yang relatif lebih besar.

Baca juga: Meski Tumbuh, Rumah di Jabodetabek Cuma Laku Rerata 25,9 Unit Per Bulan

Tren yang telah dimulai sejak semester sebelumnya ini menunjukkan optimisme dan kepercayaan pengembang terhadap aktivitas pasar secara umum.

Mengantisipasi pembangunan dan pengoperasian infrastruktur jalan tol baru di seluruh wilayah Jabodetabek yang dapat memberikan dampak positif bagi beberapa kawasan.

Ditambah pula dengan kenaikan harga bahan bangunan dan perbaikan kondisi perekonomian secara umum bertahap pada Semester I-2022.

Sehingga membuat harga jual rata-rata keseluruhan terpantau meningkat pada semester ini sebesar 4,16 persen year on year (YoY).

Rata-rata harga tanah di Jabodetabek secara keseluruhan tercatat sekitar Rp 12.016.405 per meter persegi per Juni 2022, menunjukkan peningkatan 2 persen HoH.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com