Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ingin Jual Rumah Bekas dan Dapat Cuan Gede? Coba 3 Strategi Ini

Kompas.com - 03/07/2022, 14:00 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Menjual rumah merupakan salah satu transaksi keuangan terbesar yang akan Anda lakukan dalam kehidupan.

Tentu saja ketika menjual rumah, Anda ingin mendapatkan pemasukan sesuai dengan dana yang telah keluarkan untuk investasi rumah tersebut atau bahkan lebih.

Namun meyakinkan seorang pembeli bukanlah hal yang mudah karena kebanyakan pemilik rumah gagal saat melakukan negosiasi harga. Akhirnya rumah tidak terjual atau pemilik bersedia menjualnya dengan harga rendah.

Baca juga: Beli Rumah Bekas, Ini yang Harus Dipertimbangkan

Nah, agar tetap mendapatkan untung dari penjualan rumah pribadi, berikut 3 strategi jitu yang patut Anda coba seperti dikutip dari Investopedia.

1. Berpatokan pada harga

Salah satu strategi saat menjual rumah adalah tetap berpegang pada daftar harga yang Anda tawarkan.

Sebagai penjual, Anda mungkin tidak ingin menerima tawaran awal pembeli potensial di rumah Anda jika harganya di bawah harga yang Anda minta.

Pembeli biasanya mengharapkan negosiasi bolak-balik, sehingga penawaran awal mereka sering kali lebih rendah dari harga.

Banyak orang yang memilih untuk menjual dengan harga jauh lebih rendah dari yang seharusnya karena takut properti mereka tidak laku.

Namun alih-alih menurunkan harga sebaiknya, sebaiknya Anda tetap bertahan pada harga yang sudah ditentuan sejak awal sembari membuka ruang diskusi dengan calon pembeli.

Baca juga: Cermati Tujuh Hal yang Bikin Harga Jual Rumah Jadi Murah

Seseorang yang benar-benar ingin membeli akan tetap terlibat dan kembali kepada Anda dengan tawaran yang lebih tinggi.

2. Tolak Penawaran

Taktik negosiasi berikutnya yang bsia Anda coba adalah menolak tawaran dari calon pembeli bila mereka menawar dengan harga yang lebih rendah.

Agar calon pembeli tidak pergi mintalah mereka mengajukan penawaran dengan harga baru yang lebih tinggi. Jika mereka benar-benar tertarik, maka mereka akan melakukannya.

Strategi ini mengirimkan sinyal yang kuat bahwa Anda tahu bahwa properti yang hendak dijual sepadan dengan apa yang Anda minta.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com