Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jemaah Haji Indonesia Menginap di Hotel Bintang Tiga, Ini Fasilitasnya

Kompas.com - 14/06/2022, 21:00 WIB
Suhaiela Bahfein,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Agama (Kemenag) menjelaskan, para jemaah haji setidaknya menginap di lima wilayah hotel di Mekkah, Arab Saudi.

Kelima wilayah tersebut Misfalah (sekitar 2 kilometer dari jarak Masjidil Haram), Mahbas Jin (sekitar 2 kilometer), Jarwal (sekitar 850 meter), Raudhah (sekitar 3,5 kilometer), dan Syisyah (sekitar 4 kilometer).

Jubir Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Akhmad Fauzin mengatakan, layanan akomodasi yang disediakan di lima wilayah itu setara dengan fasilitas hotel bintang tiga.

“Setiap akomodasi tersedia fasilitas kamar tidur dengan kamar mandi di dalam, ruang makan, musala, mesin cuci, dan tempat menjemur pakaian,” terang Fauzin dikutip dari laman Kemenag, Selasa (14/6/2022).

Baca juga: Jemaah Calon Haji Diminta Tak Isi Koper dengan Terasi hingga Ulekan

Selain itu, disiapkan juga petugas kebersihan dan keamanan akomodasi. Jemaah haji juga akan mendapatkan air zam zam dan mineral 1 liter per orang setiap hari.

Fauzin mengimbau jemaah agar dapat menjaga kebersihan kamar dan ruangan lainnya, membuang sampah pada tempatnya, tidak memasak di dalam kamar, tidak merokok di kamar tidur, dan tidak meletakkan jemuran di kamar.

“Simpan barang berharga di tempat yang disediakan. Jangan segan bertanya dan berkonsultasi dengan petugas kloter dan sektor jika mendapatkan kesulitan. Ayo, patuhi tata tertib yang ada di setiap akomodasi atau hotel,” ungkap dia.

Untuk memudahkan aktivitas jemaah beribadah di Masjidil Haram, Pemerintah telah menyediakan bus shalawat.

Layanan ini beroperasi selama 24 jam sehingga jemaah tidak perlu khawatir dan memaksakan diri dengan berjalan kaki atau naik taksi.

Fauzin mengatakan, fase kedatangan jemaah haji di Makkah Al-Mukarramah sudah berlangsung selama dua hari.

Saat ini, sudah 3.154 jemaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan saat ini sudah tiba di Mekkah.

“Jemaah yang telah diberangkatkan dari Madinah dan tiba ke Mekkah sampai saat ini sebanyak 8 kloter dengan jumlah 3.154 (orang),” pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com