Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Girder di Jembatan Antelope Ambles, Ini Kata KCIC

Kompas.com - 14/06/2022, 17:15 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Selasa (14/6/2022), sebuah video viral di media sosial. Dalam video tersebut diungkapkan bahwa Tol Becakayu Kalimang, Bekasi ambles.

Namun setelah dicek, keterangan dalam video tersebut tidak benar adanya. Ternyata girder box tersebut sedang dalam tahappemasangan dan merupakan bagian proyek konstruksi kereta cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang berlokasi  di kawasan Curug, Jatiasih, Kota Bekasi. 

Proyek konstruksi ini dikerjakan oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).

Baca juga: Mengenal Girder, Komponen Penting Dalam Pembangunan Jembatan

Dalam rilis yang diterima Kompas.com, Corporate Secretary KCIC Rahadian Ratry membenarkan bahwa girder box tersebut berada di sekitar Jembatan Antelope.

Menurutnya, girder box tersebut merupakan bagian dari proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang dipasang melengkapi 2.535 total girder box.

Dia menegaskan, dalam proses pemasangan tidak ada penurunan atau masih sesuai dengan standar teknis yang ada.

“Sebelum pemasangan girder box, pihak kontraktor sudah melakukan sosialisasi dan komunikasi dengan Pemerintah Kota Bekasi dan warga sekitar. Komunikasi juga dijalin dengan pihak Dinas Perhubungan,” ujar Rahadian.

Meskipun girder box tersebut terlihat mepet dengan jalan, area tersebut tetap dilewati oleh masyarakat namun dengan ketentuan tertentu. 

“Pada prinsipnya warga menyepakati sistem pengaturan lalu lintas dengan tetap memanfaatkan jembatan Antelope eksisting secara terbatas dan proses pembangunan Proyek KCJB dapat berlanjut,” paparnya.

Baca juga: Sama-sama Disebut Kereta Cepat, Ini Perbedaan Teknologi KCJB dan Shinkansen

Namun jembatan Antelope hanya dapat dilintasi oleh kendaraan dengan ketinggian maksimal 1,7 meter seperti sepeda motor dan mobil sedan dengan caatatan ada pengawasan ketat dari petugas.

“Sesuai dengan Surat Dinas Perhubungan Pemerintah Kota Bekasi Nomor 551.1/849/Dishub Lalin, kondisi ini akan berlangsung hingga 10 Agustus 2022,” tegas Rahadian.

Sebagai bentuk pengamanan, pada area tersebut telah dipasang portal (pembatas ketinggian) di dua sisi, dan lampu penerangan. Selain itu dilakukan penjagaan 24 jam (3 shift) untuk memastikan warga aman ketika melintas.

“Secara paralel, pembangunan jembatan baru pengganti jembatan Antelope sedang berprogres dan ditargetkan selesai pada 10 Agustus 2022. Setelah selesai, jembatan eksisting akan dibongkar dan arus lalu lintas sepenuhnya dialihkan ke jembatan baru,” tambah Rahadian.

Sebagai bentuk pengalihan arus lalu lintas, pengguna jalan bisa memanfaatkan jembatan Kodam Baru yang dibangun oleh PT KCIC dan sudah dioperasikan sejak tanggal 29 Mei 2022.

Berikut ini pengaturan lalu lintas di sekitar Jembatan Antelope :

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com