Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kawasan Industri Didorong Terapkan Konsep Eco Industrial Park, Seperti Apa?

Kompas.com - 01/06/2022, 21:49 WIB
Muhdany Yusuf Laksono

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah tengah menggagas penerapan konsep Eco Industrial Park (EIP) untuk seluruh kawasan industri dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) di Indonesia.

EIP merupakan komunitas industri yang berlokasi di sebuah kawasan dan semuanya berkomitmen mencapai peningkatan kinerja lingkungan, ekonomi, dan sosial.

Caranya melalui kolaborasi dalam mengelola isu-isu lingkungan dan sumber daya alam. Sehingga dapat mewujudkan jalannya praktik bisnis berkelanjutan.

Terkait pembangunan EIP di Indonesia, saat ini sedang dilakukan Kementerian Perindustrian bekerja sama dengan United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) dan Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO).

Baca juga: Pikat Tesla Agar Berinvestasi di Indonesia, Luhut Sebut Kawasan Industri Ini

Menteri Koordinator (Mekon) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengimbau seluruh kawasan industri dan KEK untuk secara bertahap beralih ke EIP.

Pemerintah akan menyusun kebijakan perluasan penerapan konsep EIP pada kawasan industri yang telah ada untuk mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya.

Kemudian, mengurangi penggunaan energi tak terbarukan, dan membangun industri simbiosis dengan menggunakan limbah yang dihasilkan sebagai sumber daya mentah.

"Mencakup juga penataan sistem pengelolaan lingkungan, serta peremajaan instalasi pengolahan air baku dan air limbah," jelas Menko Airlangga dalam rilis pers, Rabu (01/06/2022).

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menambahkan, kebijakan itu akan menjadi kunci dalam pengembangan kawasan industri yang berprinsip ramah lingkungan.

Menurutnya, saat ini terdapat sekitar 135 Kawasan Industri yang menempati 65 ribu hektare lahan dan berada di bawah pengawasan Kementerian Perindustrian.

Baca juga: KEK di Indonesia Ada di Mana Saja? Intip Daftarnya

Pemerintah juga mempromosikan dan mendorong kawasan-kawasan industri tersebut untuk bergerak menerapkan prinsip praktik industri yang lebih berkelanjutan.

"Dengan harapan EIP dapat dilaksanakan pada kawasan industri yang sudah ada maupun masih dalam tahap perencanaan," ujar Agus Gumiwang Kartasasmita.

Saat ini, terdapat tiga Kawasan Industri yang telah ditunjuk sebagai pilot project implementasi Global Eco Industrial Park Program (GEIPP), yaitu dua di Jawa Barat dan satu di Batam.

Kerja sama antara Indonesia, UNIDO, dan SECO melalui GEIPP akan memberikan struktur koheren dalam pengembangan kawasan industri ramah lingkungan.

Selain itu, keberhasilannya diyakini akan meningkatkan produktivitas sumber daya, ekonomi, lingkungan, sosial, dan kinerja bisnis, serta pemanfaatan teknologi industri 4.0.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com