Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KEK di Indonesia Ada di Mana Saja? Intip Daftarnya

Kompas.com - 18/02/2022, 16:00 WIB
Muhdany Yusuf Laksono,
Hilda B Alexander

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Sejak beberapa tahun lalu, pemerintah cukup gencar membangun Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) yang tersebar di sejumlah daerah Indonesia.

Secara umum, KEK merupakan kawasan dengan batas tertentu di Indonesia yang ditetapkan untuk menyelenggarakan fungsi dengan manfaat perekonomian tertentu.

Sesuai keunggulan geoekonomi dan geostrategi wilayah tersebut dan diberikan fasilitas dan insentif khusus sebagai daya tarik investasi.

Sehingga, keberadaan KEK dapat mengakselerasi pertumbuhan ekonomi wilayah, pemeretaan pembangunan, hingga peningkatan sumber daya manusia.

Baca juga: Investor Ogah Masuk karena Jalan Menuju KEK Palu Buruk

Lantas, KEK di Indonesia ada dimana saja?

Melansir dari laman resmi Dewan Nasional Kawasan Ekonomi Khusus RI, hingga awal tahun 2022 sudah ada 18 KEK di Indonesia. Rinciannya sebagai berikut:

1. KEK Arun Lhokseumawe

KEK ini berlokasi di Kabupaten Aceh Utara dan Kota Lhokseumawe, Provinsi Aceh. Telah beroperasi pada 14 Desember 2018 lalu. Luas areanya sekitar 2.662 hektar.

Termasuk dalam KEK industri, kegiatan utamanya meliputi, industri energi; industri petrokimia dan kimia lainnya; industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan kayu; serta logistik.

2. KEK Sei Mangkei

KEK Sei Mengkei berada di Kabupaten Simalungun, Provinsi Sumatera Utara. Area yang memiliki luas sekitar 2.002 hektar ini telah beroperasi pada Januari 2015 silam.

Tergolong KEK industri dan pariwisata, kegiatan utamanya meliputi, industri pengolahan kelapa sawit; industri pengolahan karet; pariwisata; serta logistik.

3. KEK Batam Aero Technic

KEK yang berlokasi di Kota Balam, Provinsi Kepulauan Riau, ini baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021. Jadi, masih belum beroperasi.

Kawasan yang masuk dalam kategori KEK industri ini dirancang untuk kegiatan utama yakni industri maintenance, repair, overhaul (MRO) pesawat.

4. KEK Nongsa

KEK kedua yang juga berlokasi di Kota Balam, Provinsi Kepulauan Riau, ini baru ditetapkan statusnya pada Juni 2021, sehingga masih belum beroperasi.

KEK yang juga termasuk dalam KEK industri pariwisata ini dirancang untuk kegiatan utama yaitu digital park dan pariwisata.

5. KEK Galang Batang

KEK Galang Batang berada di Kabupaten Bintan, Provinsi Kepulauan Riau. Berdiri di area seluas sekitar 2.333 hektar ini sudah beroperasi pada 8 Desember 2018 lalu.

Kawasan yang masuk dalam kategori KEK industri ini disiapkan untuk kegiatan utama yakni industri pengolahan bauksit dan logistik.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com