Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hingga Kamis Sore, 27.000 Kendaraan Melintasi GT Palimanan

Kompas.com - 29/04/2022, 10:00 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Muhdany Yusuf Laksono

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com – Total 27.000 kendaraan melintasi Gerbang Tol (GT) Palimanan Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) hingga Kamis sore (28/4/2022).

Melansir siaran pers yang diterima Kompas.com, kepadatan lalu lintas (lalin) itu terjadi di Km 79 sampai Km 86 arah Cirebon yang disebabkan oleh kendaraan berhenti di bahu jalan atau karena terkendala.

Untuk mengatasi kepadatan tersebut, ASTRA Tol Cipali memberlakukan contraflow mulai dari Km 85 hingga Km 87 dan Km 100 hingga Km 106.

Selain itu, pengelola jalan tol juga memberlakukan sistem buka tutup atas diskresi Kepolisian serta pemberlakuan one way dari ruas tol Cikampek menuju GT Kalikangkung mulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Lebih lanjut, untuk memberikan kenyamanan bagi pemudik, ASTRA Tol Cipali mengoptimalkan bukaan gardu di GT Palimanan sebanyak 6 gardu enterence dan 6 gardu exit yang akan disesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Baca juga: 22.148 Kendaraan Lintasi Tol Cipali hingga Rabu Siang

ASTRA Tol Cipali juga menyediakan pom bensin modular untuk pengisian bahan bakar minyak (BBM) di rest area tipe B di Km 86 dan Km 130 arah Cirebon dan Jakarta.

Pengguna jalan diimbau untuk memastikan kecukupan saldo uang elektronik, memastikan kendaraan dalam keadaan prima serta berkendara dalam batas kecepatan yang ditentukan.

Untuk diketahui, batas kecepatan minimal kendaraan dalam kondisi jalan normal adalah 60 kilometer per jam dan maksimal 100 kilometer per jam.

Sedangkan dalam kondisi hujan, batas kecepatan maksimal kendaraan yang diatur adalah 70 kilometer per jam.

Tersedia pula petugas layanan lalin yang siaga 24 jam untuk membantu pengguna jalan yang memiliki kendala selama perjalanan.

Baca juga: Segini Saldo E-Toll yang Wajib Disiapkan Bila Melalui Tol Cipali

Adapun harapannya, rekayasa lalin dan pelayanan tersebut bisa mengurai kemacetan arus mudik dan pengguna jalan bisa berkendara dengan lancar, aman dan nyaman.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com