Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polri akan Tekan Angka Kecelakaan di Jalan Raya Saat Mudik Lebaran

Kompas.com - 27/04/2022, 16:45 WIB
Masya Famely Ruhulessin

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 Lebaran 2022, atau Kamis (28/4/2022). Diperkirakan jumlah pemudik akan mencapai angka di atas 80 juta jiwa.

Tentu saja dengan kepadatan jalan raya diatas lalu  kondisi lintas (lalin) normal, kemacetan tak bisa lagi dihindari.

Namun untuk mengurai kemacetan, pemerintah melalui Kepolisian RI (Polri) telah melakukan bebagai rekayasa lalu lintas berupa pengaturan ganjil genap, contra flow dan one way ke arah timur Pulau Jawa yang dimulai pukul 17.00-24.00 WIB.

Selain itu, Polri telah berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada para pemudk sehingga bisa menekan angka kecelakaan seminim mungkin.

Baca juga: Kapolri dan Tiga Menteri Cek Kesiapan Rest Area KM 57A Tol Japek

Kapolri Listyo Sigit Prabowo mengatakan di samping mempersiapkan rekayasa lalin, Polri juga menyiapkan pos pengamanan, pos pelayanan dan pos terpadu.

Pos-pos tersbut bisa dimanfaatkan oleh masyarakat yang melakukan mudik untuk beristirahat dan berbuka puasa.

“Kami tidak ingin masyarakat cepat sampai tujuan dengan memaksakan memgendarai kendaraan tanpa ada istirahat karena ini berbahaya. Kami berupaya menekan angka kecelakaan seminim mungkin,” ucap Kapolri disela-sela kunjungannya ke Rest Area KM 57 Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022).

Untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19, Polri juga telah menyiapkan gerai-gerai vaksin di berbagai pos pelayanan.

“Bagi masyarakat yang belum vaksin booster bisa manfaatkan gerai ini sehingga ketika bertemu keluarga kita sama-sama memiliki imunitas,” tambah Kapolri.

Di samping itu, pemerintah juga meminta pemudik untuk tidak fokus melakukan perjalanan di jalan tol atau Pantai Utara Jawa (Pantura) saja.

Baca juga: H-5 Lebaran, 17.400 Pengguna KA Mudik dari Stasiun Pasar Senen

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR telah menyiapkan Jalur Pantai Selatan (Pansela) sebagai salah satu alternatif jalur mudik.

“Selain Pantura dan jalan tol ada Pansela sepanjang 1.292 km dengan kondisi bagu, instagramable dan kulinerable,” kata Menteri Basuki.

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Menteri PUPR BasukI Hadimuljino Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menko PMK Muhadjir Effendy meninjau kesiapan tempat peristirahatan pemudik di Rest Area KM 57 Tol Jakarta-Cikampek, Selasa (26/4/2022).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com