Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Ruas Trans Sumatera Dibuka Besok, Cek Jam Operasionalnya

Kompas.com - 25/04/2022, 20:59 WIB
Aisyah Sekar Ayu Maharani,
Masya Famely Ruhulessin

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) Hutama Karya akan membuka secara fungsional dua ruas Jalan Tol Trans Sumatera pada Selasa (26/4/2022) hingga Senin (9/5/2022).

Melansir keterangan resmi HK, kedua ruas jalan tol tersebut, yakni Ruas Pekanbaru–Pangkalan seksi Pekanbaru-Bangkinang sepanjang 31 kilometer dan Ruas Lubuk Linggau–Curup–Bengkulu seksi Bengkulu–Taba Penanjung sepanjang 17,6 kilometer.

Pembukaan Ruas Tol Pekanbaru-Bangkinang akan diberlakukan mulai pukul 08.00-16.00 WIB, sedangkan Ruas Tol Bengkulu-Taba Penanjung akan dioperasikan mulai pukul 09.00-17.00 WIB dengan lajur fungsional satu arah.

Baca juga: Mudik Jakarta-Medan lewat Tol Trans-Sumatera? Ini Rincian Tarifnya

Adapun kedua ruas jalan tol yang dibuka untuk memperlancar arus mudik Lebaran 2022 tersebut hanya diperuntukkan khusus untuk kendaraan kecil atau golongan satu.

Lebih lanjut, kendati belum diberlakukan tarif, tetapi para pengguna jalan tol harus tetap melakukan tapping menggunakan kartu elektronik untuk dapat melintas di ruas tol tersebut dengan satu kartu hanya dapat digunakan untuk satu kendaraan.

Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro menyampaikan kebijakan ini dilakukan sesuai dengan arahan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

“Tahun ini kami membuka secara fungsional dua ruas baru di JTTS yaitu Tol Pekanbaru–Bangkinang dan Tol Bengkulu–Taba Penanjung,” ujar Koentjoro.

Untuk diketahui, pada 13-14 April 2022 juga telah dilaksanakan Uji Laik Fungsi (ULF) untuk mempersiapkan dua ruas tol tersebut secara fungsional.

Selain itu, terdapat tinjauan langsung oleh Konsultan PMO untuk memastikan kelayakan dua ruas tol tadi guna menunjang lalu lintas mudik.

Tak hanya persiapan secara fisik di lapangan, Hutama Karya juga terus berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait seperti BPJT, Bina Marga, Korlantas, BBPJN dan instansi lainnya.

Baca juga: Ini Biaya E-Toll yang Harus Anda Rogoh Saat Mudik dari Jakarta-Palembang via Tol Trans-Sumatera

“Kami berharap dengan dibukanya Tol Pekanbaru–Bangkinang dan Tol Bengkulu–Taba Penanjung secara fungsional dapat berdampak signifikan bagi para pemudik khususnya di wilayah sekitar Bengkulu dan Riau,” pungkas Koentjoro.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com